Manfaat Lari Pagi Secara Rutin untuk Kebugaran

KBRN, Bengkulu : Lari sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga ini juga cukup sederhana, sehingga siapa saja bisa melakukannya, mulai dari anak-anak sampai orangtua.

Nah, meskipun bisa dilakukan kapan saja, tapi ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berlari di pagi hari secara rutin. Manfaat lari pagi bisa membuat tubuhmu segar dan bersemangat untuk menjalani aktivitas di sepanjang hari itu. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini.

Manfaat Lari Pagi untuk Kebugaran Tubuh

Berikut manfaat lari pagi yang dilakukan secara rutin untuk kebugaran tubuh kamu:

1. Meningkatkan Produktivitas Hari Itu

Ada pepatah Inggris yang mengatakan “Burung yang bangun pagi menangkap lebih banyak cacing.” Nah, nyatanya lari pagi bisa membantu kamu untuk menangkap lebih banyak ‘cacing’, karena salah satu manfaat lari pagi adalah meningkatkan produktivitas. 

Hal itu karena olahraga tersebut memberi stimulasi baik pada fisik dan mentalmu. Tidak hanya meningkatkan konsentrasi, lari pagi juga merupakan kebiasaan baik yang bisa membuatmu bangun tepat waktu.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ingin terhindar dari penyakit jantung? Lari pagi minimal 5 menit setiap hari bisa mengurangi risiko kamu terkena penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa pelari memiliki risiko kematian dini 27 persen lebih rendah dan risiko kematian akibat masalah kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lari pagi yang bisa membantu menurunkan berat badan mungkin sudah kamu ketahui. Namun, yang menjadi pertanyaan, lebih baik sarapan sebelum atau sesudah lari pagi agar lebih efektif menurunkan berat badan?

Nah, menurut studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition, tidak ada perbedaan dalam kadar lemak yang hilang antara mereka yang berolahraga setelah makan dan mereka yang berolahraga dalam keadaan puasa. Yang paling penting adalah konsumsi nutrisi yang tepat dan sehat untuk sarapan.

4. Kesehatan Sendi yang Lebih Baik

Berlari sempat dipercaya bisa berdampak buruk pada persendian. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa para pelari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah persendian. Hal itu karena pelari cenderung bugar dan memiliki berat badan yang sehat, sehingga jumlah beban pada sendi berkurang. Lari pagi juga dikaitkan dengan kekuatan otot yang lebih baik yang membantu mengurangi risiko osteoartritis.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar