Kunjungi Kandang Hewan Dapat Sebarkan Virus PMK

KBRN, Jakarta: Seseorang yang mengunjungi kandang hewan ternak dapat menjadi sarana penyebaran virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak, menurut pakar kedokteran hewan IPB.

"Kalau saya lihat pula penularan ini bukan terjadi antarhewan, tetapi orang datang ke kandang satu ke kandang lainnya," kata Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Sri Murtini dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Jumat (24/6/2022).

Menjelang Iduladha, banyak masyarakat yang mendatangi sentra-sentra penjualan hewan kurban, baik untuk membeli atau sekadar melihat-lihat.

Menurut Sri, kunjungan ke sentra penjualan hewan seperti itu tidaklah harus dilakukan setiap orang. Ia menilai perlu pembatasan pengunjungnya, baik yang ingin membeli maupun orang-orang yang hanya sekadar melihat-lihat, seperti anak-anak.

"Jadi kandang itu tidak usahlah dikunjungi orang yang tidak berkepentingan, cukup penjaga kandangnya saja," katanya kembali.

Ia menyarankan pengawasan lintas ternak ini dilakukan oleh semua elemen, baik Satpol PP setempat, Kepolisian, dan TNI.

"Itu harus membantu dan bahu-membahu. Apalagi sekarang ini, pedagang hewan di jalan menjadi tempat wisata anak-anak yang melihat," jelas Sri.

Ia juga mengusulkan agar para pembeli pedagang di masa modern saat ini, bisa memanfaatkan teknologi digital. Seperti halnya pembelian online, tanpa harus bertemu langsung dengan pedagang di tempat virus tersebut dapat menyebar. 

"Pengunjung itu bisa membawa virus, menyebarkan virus. Jadi maksudnya apabila dia datang dari satu pedagang ke pedagang lain, maka seharusnya pola pikir membeli hewan kurban mungkin sekarang tidak harus langsung, bisa melalui media sosial atau bisa online," jelasnya kembali.

"Intinya kita hanya perlu saling percaya. Antara pembeli dan pedagang yang bisa dipercaya, yang dibeli adalah sesuai dengan yang ditawarkan dan pada akhirnya semua itu akan membantu mencegah penyebaran," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar