Penyakit Ginjal Bisa Disebabkan Karena Dehidrasi

KBRN, Jakarta : Dehidrasi biasanya banyak ditemui pada seseorang yang jarang minum dan penyakit ini sendiri terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. 

Merangkum dari berbagai sumber, kekurangan cairan dalam tubuh bisa terjadi karena diare, muntah, atau terlalu banyak mengeluarkan urin, seperti saat diabetes yang tidak terkontrol. 

Pada dasarnya memang dapat memengaruhi ginjal dan saat itu pula peluang gagal ginjal bisa terjadi. Apalagi jika keringanan yang terjadi, tidak mungkin bisa karena gagal ginjal. 

Gagal ginjal adalah kondisi dimana salah satu atau kedua ginjal tidak bisa bekerja dengan baik dengan sendirinya. 

Perlu diketahui, sekitar 60-70 persen dari berat badan manusia terdiri dari air, dan setiap bagian tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Penyebab paling umum dari gagal ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi.

Namun, terkadang gagal ginjal bisa terjadi karena penyebab yang tidak terduga. Ketika ginjal kehilangan fungsi secara tiba-tiba (dalam hitungan jam atau hari), kondisi tersebut disebut gagal ginjal akut.

Berikut ini sejumlah penyebab umum gagal ginjal akut meliputi : 

- Penyakit ginjal autoimun.

- Konsumsi obat-obatan tertentu.

- Dehidrasi kronis.

- Obstruksi saluran kemih.

- Penyakit sistemik yang tidak terkontrol, seperti penyakit jantung atau hati. 

Selain itu, Gagal ginjal juga tidak hanya terjadi dalam semalam. Penyakit ginjal kronis merupakan kondisi kesehatan yang mempengaruhi seberapa baik fungsi ginjal seseorang dari waktu ke waktu.

Jika penyakit ini tidak diobati, bisa menyebabkan gagal ginjal. Sementara anda bisa mengetahui seberapa baik ginjal dan seberapa baik tubuh terhidrasi dengan melihat kondisi urine.

Jika urine berwarna kuning sangat gelap, maka artinya tubuh membutuhkan lebih banyak air. Namun, jika urine selalu sangat gelap, kondisi ini bisa menandakan dehidrasi berat atau kondisi serius lainnya.

Tidak ada aturan baku tentang jumlah air yang harus diminum setiap orang.

Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda, tergantung pada perbedaan usia, iklim, intensitas olahraga, serta kondisi kehamilan, menyusui, dan penyakit. Namun, pada umumnya seseorang membutuhkan sekitar 1,5 – 2 liter air setiap hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar