Pencanangan Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) tingkat Provinsi Bengkulu Dimulai

KBRN, Bengkulu: Pencanangan Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) tingkat Provinsi Bengkulu hari ini, Senin (23/5/2022) dilakukan oleh Asiten II Setda Provinsi Bengkulu, Fahriza Razie berlokasi di SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu.

Dengan pelaksanaan BIAN yang menyasar anak usia 9 bulan sampai 12 tahun itu, diharapkan dapat mewujudkan target herd immunity atau kekebalan menyeluruh minimal 95 persen di seluruh Kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu di akhir Juni 2022 mendatang.

Semua pihak diharapkan memberikan dukungan terutama masyarakat yang memiliki anak sesuai sasaran umur, dapat membawa mereka ke fasilitas kesehatan setempat untuk mendapatkan suntikan imunisasi disamping juga meibatkan semua pos pelayanan sekolah baik negeri maupun swasta.

“Seiring dimulainya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa Sekolah haruslah menjadi bagian dari sasaran utama vaksinasi Campak Rubella dan imunisasi Kejar yang dikhususkan pada bayi, sehingga diharapkan 100 persen warga sekolah telah diimunisasi lengkap sebelum PTM dimulai.” ungkapnya Fahriza.

Pemerintah saat ini sedang melakukan upaya penghentian transmisi virus campak dan Rubella setempat atau indigenous di semua Kabupaten Kota se-Indonesia pada tahun 2023, dan mendapatkan sertifikasi eliminasi campak dan rubella /CRS pada tahun 2026. Upaya imunisasi ini juga untuk mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio global serta mengendalikan penyakit difteri dan pertussis.         

Untuk diketahui, launching BIAN sudah dilaksanakan tanggal 18 Mei 2022 yang terdiri dari dua kegiatan yakni Imunisasi tambahan untuk jenis Campak dan Rubella) dan Imunisasi Kejar untuk jenis IPV, OPV dan DPT-HB-Hib.

Estimasi jumlah sasaran BIAN di Provinsi Bengkulu untuk jenis Campak dan Rubella adalah 425.461 anak sementara Imunisasi Kejar untuk vaksinasi IPV, 78.818, OVP, 31.531 anak dan DPT-HB-Hib 13.069 anak. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar