Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Lebaran

KBRN, Bengkulu : Hari raya Lebaran identik dengan beragam makanan lezat yang bisa disantap bersama keluarga.

Inilah yang menjadi tantangan tersendiri, yaitu bagaimana cara mengontrol nafsu makan sehingga tidak berlebihan.

Hal ini dapat menjadi pemicu naiknya berat badan serta meningkatkan risiko penyakit. 

Tidak hanya makanan berat, beragam kue dan camilan juga dihidangkan. Mungkin kamu merasa sayang untuk melewatkan momen satu kali dalam setahun ini, tetapi kontrol diri tetap penting.

Nah, ada beberapa tips mencegah berat badan naik setelah Lebaran yang bisa diterapkan.

Tips Mencegah Berat Badan Naik saat Lebaran 

Melansir dari Antara, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya), dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes(K), FINEM, memberi tips mencegah berat badan naik dengan menerapkan prinsip 3J.

Prinsip 3J yang dimaksud adalah jumlah, jadwal makan, dan jenis makanan. 

Dari sisi jenis, disarankan mengonsumsi jenis makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selanjutnya, perhatikan juga jadwal makan. Meski sedang merayakan hari Lebaran, pastikan untuk tetap menaati jadwal makan berat 3 kali sehari.

Lalu, diselingi dengan 3 kali makanan ringan alias camilan, seperti kue basah maupun kue kering. 

J yang terakhir adalah jumlah. Jangan memaksakan diri untuk makan semua hidangan dengan jumlah yang banyak.

Hal ini bisa menjadi penyebab naiknya berat badan serta meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan. Konsumsi makanan yang digoreng, daging, dan makanan bersantan juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan. 

Terapkan juga Hal Penting Lainnya

Selain prinsip 3J, ada hal-hal lainnya yang juga harus diperhatikan dan diterapkan untuk mencegah berat badan naik setelah hari raya Lebaran. Di antaranya, yaitu :

1. Aktif Bergerak

Meski sedang hari raya dan makan enak, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak. Akan lebih baik lagi jika menyempatkan diri untuk berolahraga. Hal ini mencegah penumpukan lemak dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 

2. Kunyah Makanan Perlahan

Trik lainnya mencegah kenaikan berat badan adalah mengunyah makanan secara perlahan. Hindari  juga menggunakan piring atau mangkuk yang terlalu besar untuk makan.

Selain itu, jangan menahan lapar, karena bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan dan berujung pada kalap atau makan berlebihan. 

3. Camilan Sehat

Makanlah saat rasa lapar mulai muncul, atau konsumsi makanan ringan sebagai penahan jika belum masuk waktunya makan berat.

Pilih camilan yang sehat, misalnya buah-buahan atau kue yang tidak banyak mengandung gula. Daripada hanya fokus pada makanan, coba lakukan hal-hal lain sehingga kemungkinan berat badan naik bisa dihindari. 

4. Jangan Lupa Minum Air Putih!

Nah, satu lagi tips tambahan yang dapat mencegah terjadinya kenaikan berat badan drastis setelah hari raya Lebaran, yaitu rutin minum air putih. Sejauh ini, minum air putih sudah terbukti memberi banyak manfaat.

Salah satunya adalah menekan nafsu makan berlebihan dan meningkatkan metabolisme.

Minum air putih juga bisa menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar