FOKUS: #CORONA

Dinkes Kota Memperkirakan Tidak Ada Omicron di Kota Bengkulu

KBRN, Bengkulu: Pihak Dinas Kesehatan Kota Bengkulu memperkirakan, belum terdapat kasus Covid 19 jenis Omicron di Kota Bengkulu.

Jika sebelumnya masyarakat dikhawatirkan dengan munculnya kembali kasus Covid 19 di tanggal 11 Januari 2022, namun dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Nelli Hartati SKM, MM pihaknya sudah melakukan langkah cepat penelusuran dan pengambilan 50 sampel melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) orang yang memiliki kontak erat dengan temuan kasus, namun hasilnya dinyatakan negative covid 19.

“Memang orang yang terpapar ada kontak dengan orang dari daerah tinggi kasus omicron, namun setelah dilakukan tracing terhadap 50 orang yang kontak erat disekitarnya hasilnya negatif.” ujar Nelli, Senin (24/1).  

Sementara bila mengacu pada tanda dan gejala penyebaran varian Omicron, yang cukup cepat menulari orang disekitar pasien yang dinyatakan positif, maka paling tidak terdapat minimal 3 orang yang positif atau menunjukkan gejala yang sama.

Sampai saat ini Nelli mengakui, pihaknya belum mendapatkan hasil resmi uji sampel positif yang dikirimkan ke Litbangkes Pusat, namun hasil penelusuran 50 sampel yang negative, menjadi rujukan pihaknya bahwa kasus positif tersebut bukan varian omicron.

Nelli juga mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran varian omicron ke Kota Bengkulu pihaknya berharap bagi warga yang melakukan perjalanan dari daerah tinggi kasus covid, agar melakukan langkah-langkah pencegahan mulai dari isolasi mandiri dengan tetap disiplin protokol kesehatan, selama minimal lima hari. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar