Kontrol Media Massa Bisa Perbaiki Kinerja Pemerintah

BENGKULU, KBRN: Media massa punya peran penting dalam mendorong keterbukaan informasi publik demi meningkatkan kinerja organisasi, terutama lembaga pemerintah yang memang punya tugas melayani kepentingan publik.

Meski punya peran yang berbeda, media massa dan instansi pemerintah juga perlu membangun kolaborasi dan kerja sama, terutama dalam rangka sosialisasi program dan kegiatan yang diselenggarakan untuk kepentingan umum.

Terkait hal itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Provinsi Bengkulu bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu sepakat menjalin kerja sama bertajuk Sinergitas dan Kolaborasi Kanwil Kemenkumham Bengkulu Bersama PWI Media Nasioan dan Lokal, Senin (17/1).

Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu Imam Jauhari kepada RRI menjelaskan, ada berbagai perubahan dan program yang sudah dilaksanakan di lingkungan Kemenkumham selama ini namun belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat luas.

Karena itu, kata Imam, Kemenkumham perlu menjalin kerja sama dengan PWI agar semakin banyak informasi yang bisa disampaikan dan disebarluaskan kepada publik. Apalagi hal itu juga bisa mendorong peningkatan kinerja lembaga.

"Kalau dulu di Lembaga Pemasyarakatan sifatnya ke pemenjaraan maka sekarang sudah lebih banyak berorientasi kepada pembinaan. Baik skill maupun pembinaan rohani. Sehingga warga binaan itu bisa kembali dan diterima di lingkungan masyarakat saat mereka bebas nanti," ujar Imam.

Selama ini, kata Imam, kerja sama antara Kemenkumham dan media di Bengkulu belum optimal. Salah satu hambatannya adalah soal komunikasi yang tidak lancar. Karena itu pula Imam menyebut perbaikan komunikasi antara Kemenkumham dan media melalui PWI menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kerja sama.

Lebih lanjut Imam juga menegaskan sikapnya yang tidak anti terhadap kritik. Ia menyebut forum pertemuan Kemenkumham dan PWI itu menjadi salah satu buktinya. Ia bahkan mengakui kontrol media menjadi faktor yang ikut meningkatkan kinerja lembaganya.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu Marsal Abadi mengatakan, komitmen Kemenkumham meningkatkan kinerja dan mau membuka akses atas informasi terkait program dan kegiatan pembinaan kemasyarakatan patut diapresiasi. Karena itu lah, kata dia, PWI bersedia menjalin kolaborasi dan kerja sama.

"Artinya kita wajib mensuport komitmen Kakanwil ini melalui rekan-rekan media. Apalagi kita juga bisa melihat ada perbaikan kinerja di lingkungan Kemenkumham ini. Makanya kita merespon baik kerja sama ini," kata Marsal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar