Lanal Bengkulu Ziarah TMP dan Tabur Bunga di Laut

KBRN, Bengkulu : Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 15 Januari 2022, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian, selaku Inspektur Upacara memimpin pelaksanaan upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Jalan Adam Malik KM 9, Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Selebar Kota Bengkulu dan Tabur Bunga di laut, Sabtu, (15/01/2022).

Hari Dharma Samudera diperingati setiap tahunnnya untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru (Aru) pada tanggal 15 Januari 1962 antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan laut Belanda untuk mempertahankan Irian Barat agar tidak jatuh ke tangan Belanda.

Dalam pertempuran laut Aru tersebut gugur putra-putra terbaik TNI-AL yang gagah berani dan patriotisme mengorbankan jiwa raganya untuk mempertahankan keutuhan wilayah Negara Republik Indonesia, termasuk diantaranya Comodor Laut Yos Sudarso.

Kegiatan ziarah diawali dengan melaksanakan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, mengheningkan cipta, dilanjutkan peletakan karangan bunga di depan tugu, dan kemudian penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Selanjutnya Komandan Lanal Bengkulu  beserta perwira Staf dan Ibu Ketua dan pengurus Cabang 4 Korcab II DJA I Jalasenastri  melaksanakan tabur bunga di makam para Pahlawan kemudian dilanjutkan Upacara tabur bunga di laut menggunakan KAL Pulau Mego I-2-15.

Danalanal Bengkulu mengatakan bahwa Upacara  Peringatan Hari Dharma Samudera  merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Dharma bakti pejuang pertempuran Arafuru mengingatkan kita semua untuk terus berjuang dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Selamat Hari Dharma Samudera," pungkasnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh Dirpolair Polda Bengkulu yang diwakili oleh Kasatrolairda Bengkulu AKBP Hadi Joko S, Kepala KSOP Kelas III Pulau Baai Jondra, GM Pelindo II Bengkulu Hadi Nurmayadi, dan Prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Bengkulu serta dalam pelaksanaannya tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

(PenLanalBku)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar