FOKUS: #CORONA

Satgas Minta Pengawasan Pelaku Perjalanan di Bandara Diperketat

KBRN, Bengkulu: Mengantisipasi penyebaran kasus covid 19 di Provinsi Bengkulu, khususnya varian omicron, pihak Satgas Covid 19 Provinsi Bengkulu berharap dilakukan pengetatan pemeriksaan terhadap penumpang di Bandara Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, satu temuan kasus positif covid 19 baru-baru ini di Kota Bengkulu ditengah peningkatan kasus covid 19 varian omicron di Indonesia harus diwaspadai, agar penyebarannya bisa ditekan sehingga dianggap perlu dilakukan pengetatan screening atau pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan khususnya yang datang ke Provinsi Bengkulu.

Hal itu dilakukan karena temuan kasus positif covid 19 jenis omicron di Indonesia lebih banyak dialami pelaku perjalanan dari luar negeri khususnya Turki dan di Indonesia kasusnya hampir mencapai angka 3.000 dalam jangka waktu 2 minggu ini.

“Saat ini terjadi peningkatan kasus covid 19, jadi untuk menekan penyebaran kita harapkan dilakukan screening di Bandara Fatmawati Sukarno, walaupun sebelumnya sudah diperiksa di Badara Soekarno Hatta.” tegas Herwan Antoni, Jumat (14/1).

Untuk langkah cepat antisipasi penyebaran menurut Herwan Antoni, di Provinsi Bengkulu jika ditemukan kasus positif covid 19 harus segera dilakukan penelusuran atau tracing serta mengisolasi orang yang bersangkutan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Sementara itu seperti yang telah diberitakan sebelumnya, satu kasus baru covid 19 di Kota Bengkulu kembali muncul di Kota Bengkulu setelah beberapa bulan sempat nihil kasus. Kasus positif covid itu, diidap siswa kelas 7 SMP di Kota Bengkulu yang merupakan warga Kelurahan Berkas Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.

Berdasarkan hasil penelusuran pihak Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, warga yang bersangkutan punya riwayat kontak dengan keluarga yang berasal dari daerah lain, dan tidak lama setelahnya mengalami gejala sesak nafas.

Yang bersangkutan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara dan menjalani pemeriksaan swab PCR yang akhirnya dinyatakan positif covid 19. Namun untuk variannya, masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan dari Litbangkes di Jakarta yang diperkirakan membutuhkan waktu beberapa hari ini. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar