FOKUS: #VAKSIN COVID

Camat dan Lurah Antar Jemput Lansia Vaksin

KBRN, Bengkulu: Pihak Kecamatan, Kelurahan hingga ke tingkat RT dan RW di Kota Bengkulu dilibatkan untuk mengejar ketertinggalan pencapaian vaksinasi kalangan lanjut usia – lansia di Kota Bengkulu.

Sesuai dengan pendataan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, capaian vaksinasi tingkat Lansia di Kota Bengkulu per 14 Januari 2022 baru 54,72% untuk dosis pertama sementara dosis kedua masih di angka 42,63%. Padahal diharapkan pencapaian minimal di angka 60%, mengingat vaksinasi kalangan lansia sudah dimulai per Februari 2021 lalu.

“Untuk percepatan vaksinasi lansia di wilayah kerja kami, upaya penjemputan dan pengantaran para lansia dari rumah ke lokasi vaksinasi dan sebaliknya dilakukan bekerjasama dengan pihak TNI Polri,” ungkap Lurah Malabero, Agus Susanto.

Para lansia tersebut dibujuk dan diberikan pengertian agar mau mendapatkan suntikan vaksin yang dilakukan secara humanis, disamping juga pendekatan kepada keluarga untuk memberikan pemahaman kepada orang tua atau kakek nenek mereka.

“Kita akui sebagian besar factor penyulit para lansia ini divaksin karena kahawatir dengan dampak pasca disuntik, apalagi dengan kondisi tubuh dan kesehatan mereka di masa tua. Ini dimaklumi,” tambahnya sembari mengatakan alasan lainnya sebagian lansia belum divaksin karena tidak ada yang mengantarkan atau menjemput ke lokasi vaksin, sehingga pihaknya bertindak untuk memfasilitasi para lansia menggunakan kendaraan operasional.

Disisi lain Camat Teluk Segara, Karnadi menyampaikan untuk wilayahnya pencapaian vaksinasi kalangan lansia ini sudah mendekati angka 60% sesuai data target yang diterima dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu.

Dalam waktu dekat melalui vaksinasi massal yang dilakukan, diharapkan bisa merealisasikan target yang ditetapkan. (Lns) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar