PKS Bengkulu Gelar Lomba Baca Kitab Kuning, Ali Kurnia Juara Pertama

KBRN, Bengkulu : Belasan santri dari berbagai pondok pesantren di Provinsi Bengkulu pada Selasa, (7/12/2021) mengikuti lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi Bengkulu, bertempat di aula pertemuan DPW PKS Provinsi Bengkulu.

Kegiatan lomba baca Kitab Kuning ini diadakan dalam rangka hari jadi Fraksi PKS DPR-RI yang berdekatan dengan peringatan hari santri nasional.

Mengingat pemenang atau juara pertama akan diikutkan pada lomba baca kitab kuning tingkat Nasional yang pada tahun ini memasuki tahun ke-5. 

"Alhamdulillah, pada tahun ini merupakan pertama kali kita bisa berpartisipasi langsung menyaring peserta lomba baca kitab kuning yang akan dilombakan di tingkat nasional," ungkap Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu Sujono dalam keterangannya.

Di kesempatan itu, perwakilan Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. Al Bahri, M.Si menyampaikan apresiasi mewakili pemerintah kepada PKS dan semoga ini tetap terus dilakukan agar menjadi penyemangat para santri dan agar makin berkembangnya pesantren-pesantren salafiyah yang memang fokus pada saat ini masih membaca kitab kuning, yang merupakan kitab para pejuang kemerdekaan dahulu.

"Aspek yang dinilai pada perlombaan kitab kuning hari ini ialah Kefasehan membaca (Fashahah al-qiira'at), Kebenaran membaca (Shahih Al-Qiira'at), Pemahaman makna (Fahm Al-ma'ani), Pemahaman kontemporer (mafhumwaqi' bil maqru), dan Istimbath Hukum," terangnya.

Turut hadir pada pembukaan lomba yang menerapkan protokol kesehatan, Ketua MPW PKS provinsi Bengkulu Drs.H. Salamun Haris, M.Si, Ketua Dewan Syari'ah Wilayah PKS Provinsi Bengkulu H. Syahrul Azwar Lc, M.Hi, Dr. H. Dani Hamdani M.Pd, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dan seluruh unsur pimpinan DPD PKS provinsi Bengkulu se-Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, setelah mengikuti rangkaian perlombaan ini ditetapkan 3 nama terbaik yang berhak dinyatakan sebagai pemenang dari 16 peserta yang mengikutinya.

Bahkan mereka bersaing ketat dalam perlombaan, baik dalam pelafalannya serta lugas dan jelas dalam setiap menjawab butir pertanyaan dari dewan juri.

Mereka yang dinyatakan sebagai pemenang, yakni :

Juara 1. Nilai 357 Ali Kurnia (Bengkulu Tengah)

Juara 2. Nilai 332 Rayhan Dwi Perdian (Kota Bengkulu)

Juara 3. Nilai 330 Bella Bartiza (Raihanul Jannah).

Sedangkan peraih 3 nilai terdekat lainnya adalah :

Nilai 320 Dea Wine

Nilai 277 Tsalasinur Hasanah

Nilai 236 Muhammad Salman Alfarisi.

"Terima kasih kepada DPW PKS yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti perlombaan baca kitab kuning kedepan semoga senantiasa lebih menggalakkan lagi kegiatan serupa terutama mengenai kitab-kitab gundul," tukas Ali Kurnia saat memberikan sambutan setelah dinyatakan sebagai pemenang dan akan mengikuti final pada 8 Desember 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar