Pengelolaan Pasar Panorama akan Diserahkan Pada Pihak Ketiga

KBRN, Bengkulu: Pengelolaan Pasar Panorama Kota Bengkulu yang selama ini dikeluhkan karena kesemrawutannya dengan banyaknya pedagang yang berjualan di luar area pasar bahkan sampai ke badan jalan, rencananya akan diserahkan pada pihak ketiga.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain kepada RRI terkait upaya Pemerintah Kota Bengkulu untuk melakukan penataan pasar sekaligus untuk meningkatkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah dari pengeloaan pasar itu.

Selama ini disampaikan Politisi Partai Amanat Nasional – PAN tersebut, kontribusi PAD dari sector pengelolaan pasar yang selama ini dibawah kewenangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu, termasuk Dinas Perhubungan Kota Bengkulu untuk pengelolaan Retribusi Parkir serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu untuk pengelolaan kebersihan dan persampahan di pasar terbesar di Kota Bengkulu itu, tidak mencapai Rp 500 juta setiap tahunnya.

“Sampai hari ini PAD dari Panorama itu nggak sampai Rp 500 juta, hanya Rp 400 juta. Jadi nanti dengan diserahkan pada pihak ketiga harapannya PAD meningkat juga penataan pasar bisa dilakukan,” ujar Teuku Zulkarnain.

Ditambahkan Teuku Zulkarnain, kesulitan Pemerintah Kota Bengkulu melakukan pengaturan pedagang yang menolak berjualan di dalam pasar dan tetap membandel di badan jalan bisa dipantau di sepanjang Jalan Salak, Jalan Semangka, Jalan Kedondong juga Jalan Belimbing. Dengan pengalihan pengelolaan pasar pada pihak ketiga, diharapkan peningkatan PAD dari sector itu dengan ketetapan Rp 2 miliar setiap tahunnya dan penataan pasar yang lebih tertib dan rapi bisa diwujudkan.

“Perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga ini saya dengar akan dilakukan  bulan Desember ini, sehingga realisasi penataan bisa dilakukan mulai tahun depan. Masa perjanjian kerjasama akan berlangsung selama 20 tahun, dengan kewajiban PAD setiap tahunnya tetap atau flat sebesar 2 miliar rupiah,” jelas Teuku Zulkarnain yang juga pernah menjabat unsur Pimpinan DPRD Kota Bengkulu itu. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar