Mendekati Kadaluarsa, Dinkes Kejar Serbuan Vaksinasi 40 ribu Dosis

KBRN, Bengkulu : Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mencatat kurang lebih 40 ribu dosis vaksin Covid 19, mendekati waktu masa kadaluarsanya.

Dengan vaksin yang waktu masa mendekati kadalursa tersebut, Dinkes Provinsi Bengkulu saat ini semakin menggencarkan pelaksanaan vaksinasi, baik bersifat serbuan maupun terpusat pada fasilitas kesehatan (faskes) dan kegiatan vaksinasi terpusat lainnya dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

“Kita terus mengantisipasi vaksin yang akan masuk masa kadaluarsanya, bisa segera diberikan kepada masyarakat. Apalagi tanggal 29 Desember 2021, juga masih  cukup lama, sehingga masih ada waktu untuk diberikan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, dalam keterangannya.

Menurut Herwan, apabila dengan waktu tersisa jelang tanggal 29 Desember, vaksin yang sudah masuk masa kadalursanya akan dikembalikan ke pusat. Oleh karena itu sebanyak 40 ribu vaksin yang ada saat ini harus dihabiskan menjelang waktu masa kadaluarsa-nya.

“Kita terus mengimbau setiap masyarakat yang belum divaksin, baik dosis satu maupun dosis dua, bisa segera mendatangi tempat-tempat layanan vaksinasi. Mengingat vaksin yang tersedia masih banyak dan harus dihabiskan sebelum tanggal 29 Desember ini,” imbuhnya pada Kamis, (2/12/2021).

Disisi lain Herwan juga menyampaikan, untuk persediaan vaksin jenis sinovac saat ini sedang kosong dan masih diupayakan bisa didatangkan dari pusat. Mengingat bagi masyarakat yang sudah divaksinasi dengan jenis vaksin sinovac, maka untuk dosis 2 nya harus jenis yang sama.

“Penggunaan dosis yang sama itu untuk lebih memperkuat antibodi di tubuh. Jika vaksin yang diberikan berbeda-beda, tentu antibodinya tidak lengkap. Kita sedang upayakan agar bisa didatangkan lebih banyak lagi jelang akhir bulan ini. Apalagi sekarang ini, banyak masayarakat yang meminta jenis vaksin itu, untuk disuntikkan dosis duanya,” pungkas Herwan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar