HUT KORPRI, Senator Riri : Indonesia Mampu Wujudkan Birokasi Kelas Dunia

KBRN, Bengkulu : Seluruh jajaran pemerintah semua tingkatan di Indonesia, kecuali pemerintahan desa, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korp Pegawai Republik Indonesia, atau biasa disingkat Korpri, tepat pada hari ini, Senin, (29/11/2021).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief pada hari peringatan Korpri ke-50 ini menyampaikan harapan terwujudnya birokrasi nusantara kelas dunia pada tahun 2025, sebagaimana yang telah tertuang dalam Permen PANRB No. 18 Tahun 2021.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh pegawai pemerintah yang terus memberikan pengabdiannya untuk kebaikan bangsa dan negara. Semoga upaya menjadikan ASN Indonesia berkalas dunia segera terwujud," kata Riri.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini mengatakan, ia merasakan sejak reformasi bergulir, tata kelola pemerintahan terasa semakin efektif dan efisien serta memiliki kinerja yang terukur, berintegritas.

"Saya sampaikan hal ini sebagai bentuk motivasi, mudah-mudahan birokrasi ke depan mampu melahirkan generasi aparatur yang melek teknologi, tidak lagi bekerja secara manual tapi sudah serba digital sehingga tidak ada lagi ASN yang tidak akrab dengan teknologi terkini," ungkap Riri.

Senator Riri menyatakan kekagumannya kepada setiap ASN yang dengan ikhlas dan tulus merelakan sebagian rezekinya untuk infaq, zakat dan sedekah guna ikut membantu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di Indonesia.

"Alhamdulillah keikhlasan dan ketulusan ASN dalam menyisihkan rezekinya untuk kebaikan bersama itu saya yakini menjadi salah satu sebab banyaknya daerah di Indonesia yang terhindar dari bencana dan menunjukkan bahwa ASN telah memberikan teladan yang baik bagi masyarakat," papar Senator Bengkulu ini.

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menambahkan, pemerintah hendaknya tak pernah lelah dalam berupaya menghasilkan ASN yang bermental pelayan, bukan ASN bermental juragan yang selalu meminta dimengerti dan dilayani oleh masyarakat.

"Saya sudah membaca program-program yang disusun kementerian terkait. Menurut saya program-program tersebut sudah cukup bagus dan bisa menghasilkan birokrasi yang gesit dan profesional dalam melayani masyarakat," demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (27/07/2021) pagi telah meluncurkan nilai dasar “BerAKHLAK” dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

BerAKHLAK adalah singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai-nilai tersebut diharapkan dapat dipegang teguh oleh semua ASN dalam melaksanakan tugasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar