Kasus Covid 19 di Bengkulu Melandai, Satgas Tetap Awasi Prokes

KBRN, Bengkulu : Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Bengkulu tetap fokus dalam melakukan upaya penanganan Covid-19, kendati tren kasus di Bengkulu sudah mulai menurun.

Satu diantara upaya dilakukan yakni, pengawasan protokol kesehatan (prokes) di tempat kuliner dan hiburan yang dianggap rawan menjadi tempat kerumunan.

Terlebih pemerintah pusat dan WHO terus menekankan untuk penerapan prokes diperketat di tempat-tempat public.

"Satgas Covid-19 belum dibubarkan, kita tetap melaksanakan tugas sebagaimana aktivitas dalam penegakan prokes di tengah masyarakat," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Bengkulu Murlin Hanizar, dalam keterangannya.

Menurut Murlin, meski tren kasus sudah mulai menurun, namun masyarakat diminta untuk tetap mematuhi prokes, sehingga tidak sampai ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu.

“Kita (Tim Satgas, red) akan tetap memantau sekaligus mengingatkan masyarakat yang disesuaikan dengan level wilayahnya, agar selalu menerapkan prokes, khususnya 5M, yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, melarang berpergian dan menghindari kerumuman,” katanya pada Senin, (18/11/2021).

Disisi lain mengenai Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasan Baru (AKB), ditambahkan, pihaknya sebagai koordinator dan penegakkan hukum (Gakum) tetap melakukan pengawasan secara mobile, sembari juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Hanya saja setelah itu, jika ada yang melanggar akan dilakukan penegakan secara tegas.

“Tidak dipungkiri penyelenggaraan pesta sudah mulai banyak berjalan. Jadi saran kita, sebelum ada penindakan agar masyarakat berkoordinasi dengan tim satgas. Mengingat apapun kegiatan yang mengundang keramaian diwajibkan mendapatkan rekomendasi tim satgas setempat,” pungkas Murlin.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00