Tim Gabungan Gelar Razia Prokes di Kota Bengkulu

BENGKULU, KBRN: Tim gabungan yang terdiri dari unsur Lantas Polres Bengkulu, TNI, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan Kota Bengkulu pada Senin tanggal 26 Juli 2021 menggelar razia protokol kesehatan yang dipusatkan di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Sasaran razia itu adalah para pengguna jalan, baik menggunakan sepeda motor maupun roda empat yang melintas di Simpang Lima Kota Bengkulu. Kasat Lantas Polres Bengkulu Kadek Suwantoro mengatakan, petugas mengecek kelengkapan prokes pengguna jalan raya, utamanya masker. 

Ia menjelaskan, terhadap pelaku pelanggaran prokes, petugas menerapkan lima tindakan. Pertama, mendata sesuai dengan identitas di KTP. Kedua, memberi sanksi yang disebut bingkai sanksi sosial. 

Di bingkai itu memuat tulisan "saya melanggar prokes Covid-19 dan saya minta maaf dan jangan ditiru". Di situ juga ada tulisan "saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan melanggar prokes".

Tindakan ketiga, lanjut Kadek, adalah memberikan edukasi rohani dengan mengajak pelaku pelanggaran berdoa dan membaca ayat suci. Setelah itu mereka juga diberikan jamu dan vitamin demi meningkatkan imunitas.

Tindakan berikutnya adalah memberi hormat kepada bendera merah putih selama lima detik sebagai bentuk edukasi nasionalisme. Terakhir, pelanggar prokes dibagikan masker gratis.

Menurut Kadek, dalam razia itu pihaknya menjaring 23 orang yang tidak menggunakan masker. Selain alasan tak membawa masker, beberapa di antaranya juga sengaja tak memasang masker meski membawanya.

Kadek menandaskan, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung PPKM Level 4 yang akan diterapkan di Kota Bengkulu berdasarkan Inmendagri Nomor 5 Tahun 2021. PPKM Level 4 ini berlaku sejak 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.

(Foto: Kadek Suwantoro)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00