Senator Bengkulu Minta Nakes Honor Pejuang Covid-19 Diangkat Jadi ASN

KBRN, Bengkulu : Anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu Ahmad Kanedi telah berkirim surat kepada Presiden melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), agar para tenaga kesehatan (nakes) yang berstatus tenaga honorer, bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Kanedi, alasannya karena nakes merupakan garda terdepan dalam menangani pasien kasus konfirmasi positif Covid 19. Untuk itu Pemerintah diminta agar tidak melupakannya.

“Untuk pengangkatan para nakes yang berstatus honorer itu bisa melalui rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini atau juga tahun depan. Itu akan saya tanyakan terus kepada pemerintah pusat,” ujarnya pada Jumat, (23/7/2021).

Selain itu pria yang akrab disapa Bang Ken ini mengharapkan, pemerintah juga memperhatikan hak dan fasilitas para nakes, terutama mengenai insentif, karena ada pepatah berikan upahnya sebelum kering keringatnya. Bahkan jika perlu pemberian insentif untuk yang berstatus honor dapat diprioritaskan.

“Dengan langkah itu diyakini para nakes akan semakin termotivasi dalam menangani pasien Covid-19 yang ada,” terang Bang Ken.

Lebih lanjut ditambahkan mantan Walikota Bengkulu ini, dengan kondisi pandemi yang tidak meredah, disamping pemerintah harus mampu lebih kreatif dalam mengatasi persoalan masyarakat terkait kebutuhan pangan saat PPKM, dengan tidak melulu memberikan bantuan sosial (bansos), juga dibutuhkan tenaga relawan.

"Bentuk relawan satgas, sebab kalau hanya mengandalkan nakes yang ada, tentu mereka juga butuh istirahat. Terlebih masyarakat juga membutuhkan pemberdayaan lingkungan, misalnya, membentuk bunker atau semacam gudang logistik pangan, sehingga nanti bagi warga masyarakat yang benar-benar terdampak bisa datang mengambil kebutuhan pangannya di bunker yang disiapkan. Jika bisa, itu dibuat perkelurahan atau desa,” tukas Ahmad Kanedi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00