PWI Harus Tegakkan Etika Jurnalistik

BENGKULU, KBRN: Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni mengatakan PWI sebagai wadah bagi para wartawan punya tugas dan tanggung jawab dalam menegakkan UU Pers dan Etika Jurnalistik. Apalagi di masa kini dimana ada banyak dan beragam media sudah hadir di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Zacky dalam arahannya saat Konferensi Kabupaten II PWI Kabupaten Lebong yang berlangsung pada Rabu (26/6) di ruang aula Dinas Kominfo dan SP Kabupaten Lebong.

Zacky menilai saat ini ada banyak wartawan, khususnya yang masih muda, yang belum memahami apalagi mempraktikkan dengan baik dan utuh etika jurnalistik. Mereka, kata Zacky, memang membaca etika jurnalistik, tetapi belum memahaminya dengan baik.

Karena itu Zacky berharap PWI Lebong bisa menjawab persoalan sekaligus tantangan pers itu sehingga seorang wartawan bisa benar-benar bekerja secara profesional. Kata Zacky, profesionalisme itu antara lain dicirikan dengan sikap dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

"Dimulai dengan memperkenalkan diri, menunjukkan identitas pers, menyapa narasumber dan menyampaikan maksud dan tujuannya. Itu ciri-ciri wartawan yang profesional," kata dia.

Lebih jauh Zacky juga mengingatkan sikap pers yang tidak boleh menghakimi. Wartawan, kata Zacky, bukan hakim atau jaksa. Tugas wartawan adalah meliput dan menyajikan berita secara faktual, adil dan berimbang. Bukan mengadili atau menghakimi.

"Itu hal-hal yang tadi saya sampaikan di Konferensi Kabupaten ke-2 PWI Kabupaten Lebong. Harapan saya rekan-rekan PWI Lebong bisa terus memegang amanah untuk terus mendorong pers yang profesional," kata Zacky.

Sementara itu, dalam Konferensi Kabupaten II PWI Kabupaten Lebong yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wakil Bupati Fahrrurozi, Muharista Delda kembali terpilih sebagai ketua PWI Lebong masa bakti 2021-2024. Jurnalis Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu di wilayah Kabupaten Lebong itu sebelumnya adalah Ketua PWI Lebong periode 2018-2021.

Selain memilih ketua, Konferensi Kabupaten PWI Lebong II juga memilih sekretaris yang secara aklamasi diamanahkan kepada Dwi Nopiyanto A.Md, jurnalis BETV di Kabupaten Lebong.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Lebong terpilih, Muharista Delda, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada anggota PWI Lebong yang kembali memberi kepercayaan kepadanya untuk menahkodai PWI Lebong.

Aris, sapaan Muharista Delda, juga mengajak anggota PWI Kabupaten Lebong untuk bersama-sama membesarkan organisasi profesi wartawan dalam bendera PWI. Dia meyakini rekan-rekan jurnalis yang tergabung di PWI dapat menjadi pelopor menuju pers profesional, beretika dan anti hoax. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00