Lanal Bengkulu Tingkatkan Kemampuan Prajurit di Bidang Keamanan Laut

KBRN, Bengkulu : Pangkalan TNI Angkatan Laut Bengkulu pada Rabu, (23/6/2021) menggelar Latihan Keamanan Laut semester I TA. 2021.

Para peserta Latkamla mendapat pembekalan tentang faktor kerawanan, pengetahuan intelijen, prokes kesehatan, penanganan tindak pidana tertentu oleh pangkalan, pengetahuan UU RI tentang pelayaran, perikanan, pengetahuan penyidikan prosedur pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) serta VBSS sesuai Peraturan Kasal Nomor Perkasal/32/V/2009 tentang Protap Kamla dari Danlanal BKU, PgS Pasops dan narasumber lainnya.

Kegiatan latihan yang diikuti seluruh Prajurit tersebut dibuka oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian, S.H., Mmaritimepol., MA dengan melibatkan Komandan KAL, Perwira Staf dan Pers Lanal BKU.

Dalam latihan yang digelar selama dua hari tersebut, masing-masing bagian akan mengasah kemampuan dibidang kekamlaan terutama dalam mengatasi permasalahan penegakkan hukum yang terjadi di wilayah kerja.

Danlanal menjelaskan bahwa latihan ini merupakan program Mabes TNI AL yang dilaksanakan Lanal Bengkulu untuk meningkatkan kemampuan prajurit di bidang keamanan laut, menyamakan pola pikir, pola tindak dan pola sikap serta menguji dokrin dalam operasi keamanan laut.

Selain itu menciptakan kondisi keamanan laut yang kondusif bagi para pengguna laut dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

"Dengan latihan ini diharapkan proses pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) secara benar dan aman mengikuti mekanisme proses pengambilan keputusan dalam operasi keamanan laut dan dapat bekerjasama secara baik dengan unsur/intansi stakeholder terkait," ujarnya.

Selama dua hari latihan, para peserta juga dituntut untuk bertindak cepat, tepat, dan efektif serta dapat memecahkan persoalan dengan solusi terbaik.

"Dalam menghadapi dinamika permasalahan pelanggaran hukum yang terjadi di laut, disesuaikan dengan standar prosedur operasi ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku baik hukum nasional maupun internasional," pungkasnya.

(PenLanalBku)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00