Dewi Coryati Ingatkan Masyarakat Maknai 4 Pilar Kebangsaan di Tengah Pandemi

KBRN, Bengkulu : Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Hj. Dewi Coryati, M.Si pada Minggu, (18/4/2021) mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, dengan melibatkan masyarakat dari berbagai elemen yang ada di Kota Bengkulu.

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berlangsung ditengah pelaksanaan ibadah puasa Ramadan 1442 Hijriah, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan diawali pengukuran suhu tubuh, mewajibkan peserta memakai masker, mencuci tangan menggunakan air atau handsanitizer sebelum masuk ruangan, dan mengatur jarak tempat duduk tersebut, bertempat di salah satu hotel di Kota Bengkulu.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merupakan bagian tugas sebagai keanggotaan MPR RI, disamping sebagai anggota DPR RI yang memiliki fungsi penganggaran, pengawasan, dan pembahasan undang undang (UU). Harapannya, masyarakat selalu ingat arti penting dari nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, sehingga bisa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, meski di tengah pandemi Covid 19,” kata Dewi.

Menurut politisi perempuan PAN ini, pelaksanaan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam kehidupan adaptasi kebiasaan baru sekarang, semua masyarakat harus berpegang teguh dan menjaga kenegara kesatuan agar selalu tetap utuh, serta terjaga dengan baik.

Oleh karena itu implementasinya juga harus dimulai dari keluarga, baru ke lingkungan masyarakat.

“Kita tidak ingin masyarakat dan generasi penerus bangsa khususnya, tidak memahami empar pilar kebangsaan. Belum lagi saat ini paham radikalisme dan terorisme menjadi ancaman bangsa. Jika tidak dibentengi, maka generasi muda akan terjebak nantinya. Makanya empat pilar bisa menjadi dasar dalam menjaga toleransi, karena keberagaman merupakan hal yang perlu disyukuri sebagai karunia besar bagi bangsa ini,” jelas Dewi yang memasuki periode ketiga duduk sebagai wakil rakyat di Senayan.

Selain itu Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini menyampaikan, melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada masyarakat Bengkulu, sembari menyerap aspirasi sesuai mitra kerjanya di Komisi X DPR RI, khususnya permasalahan yang dialami di bidang pendidikan, ekonomi kreatif dan kepariwisataan di tengah pandemi.

"Tidak dipungkiri, sektor pendidikan, ekonomi kreatif dan pariwisata akibat pandemi Covid 19 ini, sangat berdampak. Oleh karena itu, setiap aspirasi yang disampaikan akan dicarikan solusi terbaik di tingkat pusat, dan ketika sudah ada solusinya agar masyarakat tidak melupakan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” terang Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini.

Sementara dari sosialisasi empat pilar kebangsaan, setelah Dewi Coryati memaparkan gamblang apa itu empat pilar kebangsaan, para peserta selain bertanya, ada juga yang menjawab pertanyaan yang diberikan Dewi Coryati.

Diakhir sosialisasi, Dewi kembali mengingatkan semua agar dalam kehidupan kesehariannya agar tetap disiplin prokes, sebagai upaya pencegahan terhadap Covid 19, dan juga mengimbau memperbanyak ibadah di bulan penuh berkah, Ramadan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00