Cuaca Tidak Menentu, Kenali yang Membuat Kesehatan Menurun

foto ilustrasi seorang wanita kurang tidur

KBRN, Bengkulu : Menjaga kesehatan tentu wajib dijalankan oleh setiap orang. Hal tersebut dilakukan agar tubuh kita bisa seimbang, terutama saat cuaca tidak menentu. Sayangnya, beberapa orang kerap abai dengan gaya hidup.

Misalnya, mengonsumsi makanan tidak bernutrisi, tidak meminum vitamin hingga tidak berolahraga.

Dikutip dar berbagai sumber, berikut beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang :

  1. Merokok

Sudah bukan rahasia lagi kalau merokok dapat memperburuk kondisi organ paru. Kebiasaan tidak sehat ini dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel paru hingga menimbulkan serangkaian penyakit lainnya.

Sayangnya rokok telah menjadi 'konsumsi' sehari-hari baik generasi tua maupun muda. Padahal akibat yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok sangat berbahaya bagi tubuh dan bagi orang disekitarnya yang menghirup asap rokok.

Merokok sendiri bisa menimbulkan kerusakan jaringan di beberapa sistem organ tubuh, termasuk sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah. Tidak hanya merusak organ bagian dalam tubuh, merokok juga merusak penampilan karena merusak kulit.

  1. Obesitas

Masalah obesitas pada dewasa muda semakin marak, penyebabnya mulai dari pola makan yang tidak sehat hingga kurangnya olahraga dan aktivitas fisik.

Obesitas tidak hanya akan menurunkan penampilan fisik seseorang, tapi juga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit lain. Bila obesitas yang tidak segera ditangani akan berdampak pada kondisi kesehatan jangka panjang. Selagi muda, generasi milenial perlu memperhatikan porsi serta asupan yang dikonsumsi.

Lakukan olahraga rutin setiap hari, jika tidak terbiasa berolahraga maka mulailah dengan hal-hal kecil seperti bersepeda, berenang, jalan santai.

  1. Kurang Tidur

Tren streaming film dan berselancar di media sosial membuat waktu tidur generasi muda jadi berkurang. Padahal, durasi waktu tidur yang paling ideal untuk anak muda adalah 7 sampai 8 jam dalam sehari. Jika kurang tidur, maka akan ada dampak buruk yang pada sistem kerja organ tubuh.

Salah satunya otak kita. Saat tubuh merasa lelah dan mengantuk, maka sistem kerja otak akan menurun karena tidak ada suplai oksigen atau darah yang cukup. Hasilnya, sistem kerja otak jadi menurun dan membuat anda jadi tidak bisa konsentrasi dan fokus dalam bekerja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar