Tips Mendidik Anak Tanpa Memaksa

kedua orang tua bersama anaknya sedang membaca

KBRN, Bengkulu : Sering emosi ketika mendidik anak. Itulah permasalahan yang sering dihadapi orang tua. Membentak, memaksa, menjadi cara yang sering dilakukan. Padahal cara itu akan berdampak kurang baik. Lalu seperti apa cara mendidik anak yang baik tanpa memaksa.

Berikut tips mendidik anak yang bisa diterapkan.

1. Pahami kekuatan anak

Sebagai orangtua, perlu mengetahui kekuatan dan kelebihan anak terhadap hal yang disukainya. Kemudian, cobalah memotivasinya untuk melakukan tantangan selanjutnya.  Misalnya, ketika anak suka menulis cerita, motivasi ia untuk mengikuti lomba menulis cerpen. Kemudian dukung ia untuk menulis buku kumpulan cerpen dari hasil karya yang telah dibuat.

2. Tetap di samping anak ketika ia gagal

Mengajari anak tanpa memaksa bisa dilakukan dengan memberikannya semangat sehingga ia tetap berkomitmen dengan melakukan hal yang menjadi kelebihannya. Terkadang jalan hidup tidak semulus yang dibayangkan. Saat anak berusaha menjalani hal yang disukainya, pada satu waktu ia gagal. Misalnya, anak hobi menari balet. Pada masanya ia pentas, anak terjatuh di atas panggung. Sementara penonton yang lain tertawa dan teman-temannya pun mengejeknya. Tetaplah berada di sampingnya dan bangun semangat dan kepercayaan dirinya, besarkan hatinya. Saat ia gagal, cobalah katakan “Tidak apa-apa, Nak. Kamu sudah lakukan yang terbaik. Ke depannya Ibu/Ayah yakin kamu bisa. Kita hadapi bersama, jangan takut ya.”

3. Pujilah anak atas pencapainnya

Setelah beragam proses yang dilalui anak, pujilah anak pada tiap pencapaiannya. Pujian menumbuhkan kepercayaan diri anak untuk tetap maju dan berkembang. Pencapaiannya tak mudah, karena anak melalui proses belajar yang melelahkan dan tak mudah. Cara sederhana ini dapat dilakukan sebagai langkah mengajari anak tanpa memaksa.

(sumber :hellosehat.com)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar