Pahami Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

cek tekanan darah

KBRN, Bengkulu : Tekanan darah adalah ukuran yang dipergunakan untuk mengetahui seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Perlu diketahui bahwa tekanan darah normal pada setiap orang dapat bervariasi. Sebab, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor yang bervariasi. Misalnya seperti gaya hidup seseorang, aktivitas dan rutinitas yang dijalani, sekaligus emosi yang dirasa. 

Namun, tak hanya itu, semakin bertambahnya usia, maka kisaran tekanan darah normal juga akan semakin tinggi. Lantas, berapakah tekanan darah normal setiap orang berdasarkan usianya? Yuk, simak informasinya di sini!

Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Berikut adalah penjelasan mengenai tekanan darah normal seseorang berdasarkan tingkatan usianya, yaitu:

1. Anak-Anak

Sebenarnya kisaran tekanan darah yang normal bagi anak-anak sulit diketahui. Pasalnya, anak-anak akan mengalami banyak fase pertumbuhan yang tergolong cepat. Sebagai contoh pada bayi, biasanya akan memiliki tekanan sistolik 60-90 mmHG dengan tekanan diastolik berkisar 20-60 mmHG.

Tekanan darah ini nantinya akan mengalami fluktuasi, sehingga tidak akan berada di angka yang sama setiap saat. Contohnya ketika anak menginjak usia sekolah, pada umumnya tekanan darah sistoliknya adalah 97-112 mmHG dengan tekanan diastolik 57-71 mmHG.

2. Remaja

Pada remaja dengan kisaran usia 13–18 tahun, biasanya batas normal tekanan sistoliknya berkisar antara 112–128 mmHg dan diastolik berkisar antara 66–80 mmHg. Variasi tekanan darah di dalam batas normal tekanan darah seorang remaja dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya seperti jenis kelamin, tinggi badan, dan waktu pengukuran tekanan darah.

3. Orang Dewasa

Umumnya, orang dewasa dikatakan memiliki tekanan darah normal jika angkanya berada pada 120/80 mmHG. Tekanan darah tersebut dapat mengalami fluktuasi tergantung dari kondisi emosional dan aktivitas fisik yang dijalani.

4. Usia Lanjut

Pada orang yang sudah berusia lanjut, tekanan darah cenderung lebih tinggi, yaitu 130/80 mmHg hingga 140/90 mmHg. Peningkatan tekanan darah normal tersebut disebabkan oleh pembuluh darah yang cenderung lebih kaku akibat faktor usia. Kondisi ini membuat jantung memerlukan tekanan lebih tinggi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah. Misalnya seperti faktor bertambahnya usia, hingga mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat membantu mengendalikan tekanan darah karena merangsang pelepasan zat asam nitrat. Zat tersebut menyebabkan pembuluh darah terbuka, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

2. Menerapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang tinggi buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Berhenti Merokok dan Batasi Alkohol

Nikotin pada rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan meningkatkan tekanan darah. Sementara itu, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah kalori kosong.

Itulah kisaran tekanan darah normal berdasarkan usia, yaitu anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga usia lanjut. Maka dari itu, pastikan untuk rutin memeriksakan tekanan darahmu, terutama jika kamu memiliki orang tua yang mengidap hipertensi atau diabetes. Sebab, naik turun tekanan darah seringkali tidak disadari gejalanya.

@Halodoc 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar