Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

sakit tenggorokan

KBRN, Bengkulu : Sakit tenggorokan sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa macam obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah adanya peradangan di tenggorokan. Anda bisa mengatasi sakit tenggorkan dengan sejumlah pengobatan alami. Bahkan, beberapa jenis pengobatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan ini mungkin sudah Anda kenal sejak lama.

Beragam Obat Alami Sakit Tenggorokan

Dilansir laman Alodokter, Berikut adalah beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah:

1. Air garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan air garam itu.

2. Madu

Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau diminum langsung. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas( ISPA) mengonfirmasi bahwa madu juga efektif dalam meredakan batuk.

3. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah  bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya.

4. Sup hangat

Jangan pernah menganggap bahwa makanan yang enak tidak bisa dijadikan obat. Faktanya, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

5. Teh hangat

Teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, entah herbal atau nonherbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

6. Licorice

Obat alami sakit tenggorokan yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lender, sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar