JaWara Internet Berbagi Pengalaman Ciptakan Iklim Internet Sehat

Foto bersama pemenang kuis JaWara Internet Sehat

KBRN, Bengkulu : JaWara Internet Sehat dari berbagai daerah di Indonesia yang berperan serta dalam program Indonesia Makin Cakap Digital.

Untuk meningkatkan literasi digital khusunya di Bengkulu, JaWAra Internet Sehat 2022 melaksanakan Sharing Session dengan tema Aman dan Nyaman di Dunia Digital, Sabtu (6/8/2022).

Dimana dalam berinternet apa yang boleh dilakukan yaitu tetap menjaga privasi, menjaga keamanan akun, hindari hoaks, sebarkan hal positif. Yang tidak boleh yaitu memulai konflik, curhat masalah pribadi, menjelekkan orang lain, berbagi secara berlebihan, dan menanggapi sesuatu secara ekstrem.

Dengan semangat dan kapabilitasnya, JaWara Internet Sehat hadir menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di Provinsi Bengkulu.

Salah satu duta muda jaWara Internet Sehat Provinsi Bengkulu Khairiah El Marwiah mengatakan bahwa ia telah bergabung sejak tahun 2021 dan masih aktif hingga sekarang.

Khairiah El Marwiah yang juga menjadi narasumber pada acara kali ini menyampaikan materi isu utama itu hoaks dan keamanan digital.

Salah satu cara untuk menghindari penipuan yaitu dengan cara rajin membaca. Dengan rajin membaca akan menghindarkan orang dari segala bentuk penipuan di Internet.

"Membaca itu penting, karena dengan membaca kita akan terhindar dari segala macam bentuk penipuan," ujar Wiwie.

Selain itu, Duta jaWara Internet Sehat Bengkulu, Nabila Fresha mengatakan, internet memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat baik untuk berbagi informasi hingga memenuhi berbagai kebutuhan.

Namun, bagi sebagian orang internet digunakan untuk tindakan kriminal mulai dari penipuan hingga mencuri data.

"Kami berharap generasi Milenial di Bengkulu agar bisa menggunakan internet dengan aman dan terhindar dari bentuk penipuan dan pencurian data di Internet," tutupya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar