Gelandangan dan Pengemis di Kota Bengkulu Bakal Kena Tipiring

Penertiban gelandangan dan pengemis

KBRN, Bengkulu : Dinas Sosial Kota Bengkulu terus memantau aktivitas gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang masih beroperasi di Kota Bengkulu. 

Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Rosminiarty mengatakan dalam penyelesaian persoalan ini pihaknya terus memberikan peringatan bahkan mengancam untuk melakukan tindak pidana ringan (tipiring) jika gepeng yang sama sudah 3 kali tertangkap dan diperingatkan. 

“Sejauh ini semua yang kami tangani baru kena sekali peringatan, tidak sampai 2 kali. Kalau sampai 3 kali kami kenakan tipiring," kata Rosminiarty, Kamis (26/5/2022). 

Namun sejauh ini Dinas Sosial disulitkan dengan keberadaan Gepeng yang berganti-ganti.

"Setelah baru sekali jera, dan selanjutnya muncul yang baru. Ini yang menjadi kendala kami dan akan terus kami tertibkan hingga Kota Bengkulu bebas gepeng,” jelasnya. 

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada pengendara yang dijumpai para gepeng ini untuk tidak memberikan sejumlah uang dengan niat sedekah kepada gepeng-gepeng tersebut. 

Seab dari pemberian masyarakatlah yang memicu bermunculannya gepeng-gepeng baru dan mengganggu kenyamanan jalan raya. 

“Kami sudah memasang imbauan-imbauan kepada masyarakat untuk tidak memeberi uang kepada gepeng di jalanan. Hendaknya lebih bijak jika ingin bersedekah supaya lebih berkah,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar