48 Ribu Lebih DTKS di Provinsi Bengkulu Perlu Perbaikan

KBRN, Bengkulu : Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu mencatat sebanyak 48.943 data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di wilayah ini masuk kategori tidak layak.

Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Provinsi Bengkulu, Yetitostia mengatakan DTKS yang ada saat ini masih menggunakan hasil input tahun 2015 dan 2016, dan belum tersedia data terbaru.

Dinsos mencatat terdapat 1.081.160 penerima manfaat yang terdata di dalam DTKS Kementerian Sosial. Dari jumlah tersebut terdapat 48.943 yang masih memerlukan perbaikan.

"Saat ini belum ada kita, saat ini data yang tersedia data tahun 2015 dan 2016 jadi perlu diupdate dan secepatnya akan kita lakukan," ungkap Yetitostia, Senin (8/8/2022).

Padahal, lanjutnya, DTKS harus dimutakhirkan dengan rentan waktu selama 5 tahun. Dinas Sosial Provinsi Bengkulu pun mendorong percepatan pembaharuan DTKS di tingkat kabupaten/kota.

Untuk mempercepat proses tersebut, ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Dinsos kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu, karena perbaikan data dimulai dari tingkat bawah.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinsos kabupaten/kota, karena yang menghimpun data itu ditingkat kabupaten/kota dan saat ini sedang dalam proses," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar