Kemenag : Penceramah di Bengkulu Harus Tebarkan Nilai Kebangsaan

Penguatan wawasan penceramah Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mengajak penceramah yang ada di daerah ini turut menebarkan nilai-nilai kebangsaan.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penais Zawa) Kemenag Bengkulu, Arsan Ibrahim mengatakan penceramah agama harus turut andil menyampaikan nilai-nilai kebangsaan dalam setiap ceramahnya.

"Para penceramah dapat ikut andil dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kehidupan beragama dan beragama dengan berimbang. Hal ini untuk menjaga keutuhan bangsa dan kondusifitas bernegara serta bentuk toleransi," kata dia, saat mengisi bimbingan dan peningkatan kapasitas 80 penceramah Bengkulu, Jumat (24/6/2022)

Menurutnya, penceramah harus bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas ceramah dalam pelayanan umat serta memperluas wawasan bernegara. Sehingga tak hanya mendapat pengetahuan beragama namun masyarakat turut mendapat bekal toleransi antar umat. 

"Apa yang mereka sampaikan tentang agama dan ideologi bangsa dapat memberikan pencerahan kepada umat dengan berimbang," katanya.

Pemerintah pun berharap peningkatan kapasitas ini dapat mendorong untuk ambil bagian memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat hidup rukun menjalankan perintah agama dengan tetap mengamalkan nialai-nilai kebangsaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar