Peringati HUT ke-159 Palang Merah Sedunia, PMI Provinsi Bengkulu Gelar Vaksinasi dan Donor Darah

KBRN, Bengkulu : Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Sedunia ke-159, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu menggelar vaksinasi Covid 19 tahap VI dan donor darah, bertempat di Markas PMI Provinsi Bengkulu pada Selasa, (24/5/2022).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu dan pihak terkait ini, untuk donor darah ditargetkan sebanyak 150 kantong darah bisa terkumpul yang diikuti masyarakat umum dan TNI Angkatan Laut (TNI AL-Lanal) Bengkulu.

Begitu juga vaksinasi baik dosis 1, 2 dan 3 (booster), ditargetkan sebanyak 150 orang diberikan vaksin, dengan 100 orang pertama mendapatkan sembako gratis.

Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat didampingi Sekretaris PMI Provinsi Joni Saputra menyampaikan, sejalan dengan komitmen Bapak pendiri Palang Merah Hendri Dunant, bahwa Palang Merah dan Bulan Sabit Merah merupakan suatu perhimpunan yang bergerak dibidang kemanusiaan dengan membantu korban perang saat itu, dan saat ini serta kedepan akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dunia.

Seperti, yang dilaksanakan ini, vaksinasi dan donor darah.

Terlebih sesuai dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Sedunia kali ini “Menyatukan Jiwa Kerelawanan” dengan 4 tujuan utama, akan terus mensosialisasikan keberadaan PMI, baik tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Lalu mewujudkan sinergitas dengan berbagai pihak dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

“Insya Allah kedepan, keterpaduan dan bekersamaan serta sinergi dengan berbagai pihak akan tetap dilakukan, bahka ditingkatkan PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat. Khusus vaksinasi sudah menyasar lebih kurang 50 ribuan orang,” kata Asnawi yang diamini Joni.

Sementara Asisten 1 Sekda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyampaikan, keberadaan Palang Merah khususnya PMI Provinsi sudah tidak diragukan lagi kimprahnya di tengah-tengah masyarakat. Dimana kegiatannya, mulai dari menggalang donor darah, vaksinasi hingga sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) dan pencegahan penyebaran kasus Covid 19, semuanya tanpa diberikan imbalan apapun.

Untuk itu dikatakan, Pemprov akan terus memberikan suport, meski saat ini PMI Provinsi Bengkulu sudah menempati Sekretariat yang baru namun masih bertatus pinjam pakai setelah nantinya akan dihibahkan.

“Pembangunan Sekretariat PMI Provinsi yang baru ini merupakan bagian suport Pemprov yang Insya Allah bangunannya segera dihibahkan. Diharapkan keberadaan PMI yang juga ada bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov, dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat se Provinsi Bengkulu,” tukasnya.

Sementara kegiatan  tersebut juga ditutup dengan halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, dengan juga menghadirkan penceramah Ustad Ahmad Farhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar