PMI Gelar Pengobatan Massal Gratis Warga Rentan di Kecamatan Sungai Serut

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu pada Sabtu, (18/9/2021), mengadakan bakti sosial (baksos) pengobatan massal secara gratis kepada masyarakat kota yang rentan khususnya di wilayah Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu.

Baksos pengobatan gratis PMI Provinsi Bengkulu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 PMI yang dipusatkan di kantor Camat Sungai Serut ini, dengan target dapat melayani sebanyak 100 sampai 150 masyarakat.

Sekretaris Dewan Kehormatan yang juga Ketua Panitia Baksos Pengobatan Gratis PMI Provinsi Bengkulu Darmawan Yakub memberikan apresiasi kepada pihak kecamatan yang telah berpartisipasi, dalam mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Sungai Serut, untuk melakukan pemeriksaaan kesehatannya di tengah pandemi Covid 19 ini.

Terlebih ini juga program rutin PMI dalam membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat se Provinsi Bengkulu. Apalagi belum lama ini kegiatan yang sama di gelar di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Kita bukan ada program pengobatan gratis saja, tapi juga dalam upaya pencegahan sekaligus pengendalian pandemi Covid 19, berupa penyemprotan disinfektan kepada lingkungan masyarakat, dan dalam waktu dekat memberikan pelayanan vaksinasi Covid 19 kepada masyarakat se Provinsi Bengkulu, melalui PMI Kabupaten dan Kota. Mengingat kita diberikan jatah vaksin oleh PMI Pusat sebanyak 25 ribu dosis," ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat mengharapkan masyarakat di wilayah Sungai Serut untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi bagi masyarakat yang selama ini takut berobat ke fasilitas kesehatan (faskes), saat ini pihaknya bersama petugas kesehatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), memberikan pelayanan kesehatan secara gratis dan langsung kepada masyarakat yang rentan di wilayah Sungai Serut.

"Dalam memberikan layanan kesehatan dengan menurunkan 2 tenaga dokter, 2 perawat, 1 petugas farmasi ditambah bantuan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sukamerindu, yang meliputi, pemeriksaan tensi darah, kadar gula darah dan lain-lainnya," tambah Asnawi didampingi Sekretaris PMI Provinsi Joni Saputra dan Lovi Fernandes sebagai Anggota Bidang Sosial dan Kesehatan PMI Provinsi.

Sementara itu, Camat Sungai Serut Purwanto Budi Utomo mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dan masyarakat Sungai Serut khususnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Provinsi yang telah sukarela untuk mengadakan baksos pengobatan gratis ini, meski sekarang kondisi masyarakat dalam kondisi sehat.

Hanya saja karena di tengah pandemi Covid ini, rata-rata masyarakat takut untuk berobat, baik ke puskemas maupun rumah sakit serta faskes lainnya, lantaran takut terpapar dari orang lain, sehingga adanya layanan pengobatan gratis dari PMI Provinsi ini, sangat bermanfaat sekali.

"Baksos ini sangat membanatu sekali bagi masyarakat Sungai Serut. Apalagi sesuai dengan pepatah, apabila perbuatan baik kepada sesama, imbalannya akan mendapatkan kebaikan. Semoga kegiatan ini terus berlanjut oleh PMI Provinsi," demikian Purwanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00