400 Ekor Hewan Ternak di 5 Kecamatan Segera Divaksinasi

Rapat persiapan vaksin bagi hewan ternak

KBRN, Bintuhan : Untuk mengatasi hewan ternak di Kabupaten Kaur supaya tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pemerintah Daerah (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pertanian akan melaksanakan vaksinasi untuk 400 hewan ternak. 1 botol vaksin yang akan diperuntukan untuk 100 ekor hewan, Kecuali Kecamatan Maje dan Nasal akan dibagi dari 100 dosis tersebut.

Sekretaris Dinas Pertanian Hamedi Dianri, S.Hut mengatakan, pada pemberian vaksin kepada hewan ternak ini nanti diberikan 2 Mililiter per ekor, sehingga dari 1 botol vaksin untuk 100 ekor hewan.

" Hari ini pendataan, jadi petugas-petugas akan mendata ada ditentukan, vaksin ini ketika dibuka batas waktunya 5 jam harus habis," jelas Hamedi (1/7/2022).

Selanjutnya dikatakan Hamedi, pelaksanaan vaksinasi hewan ternak ini harus bisa terealisasi sampai tanggal 7 Juli 2022 sebelum pelaksanaan Hari Raya Kurban. 

Hamedi menegaskan, berkembangnya informasi dimasyarakat yang mengatakan sudah banyaknya hewan yang terpapar penyakit PMK hal itu tidaklah benar, sampai saat ini Kabupaten Kaur masih dalam zona Hijau. karena indikasi hewan yang terpapar ciri-cirinya mulutnya berbusa seperti terkena sariawan serta kukunya mengalami pecah-pecah, dan harus melalui uji laboratorium.

" Kalau sapi yang sehat-sehat tiba-tiba mati itu sudah dipastikan bukan penyakit PMK," tegasnya.

Selanjutnya menurut Hamedi, dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu sudah banyak hewan yang terpapar PMK, untuk itu petugas-petugas yang telah ditunjuk untuk terus memantau perkembangannya jangan sampai kecolongan, tiba-tiba hewan yang terpapar PMK sudah tinggi merebak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar