Perbup Tentang Karakter Pelajar Berseri Akan Diterapkan Mulai Ajaran Baru

Asisten 1 pimpin rapat bersama unsur pendidikan terkait penerapan Perbup tentang karakter pelajar berseri

KBRN, Bintuhan : Sebelum memasuki ajaran baru tahun pelajaran 2022/2023 pemerintah daerah (Pemkab) Kaur melaksanakan rapat koordinasi bersama unsur pendidikan.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten 1 Sekda Kaur terkait peraturan Bupati (Perbup) nomor 18 tahun 2022 tentang penerapan pembentukan karakter pelajar Kaur berseri.

Penerapan perbup ini diharapkan para pelajar mempunyai karakter yang baik, yakni berakhlak mulia, beretika dan berperadaban.

Asisten 1 melalui Kabag Kesra Agus Supianto, S.Pd mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengaplikasikan visi dan misi dari Bupati dan Wakil Bupati, sehingga pada ajaran baru yang akan berlangsung nanti hal ini sudah bisa diterapkan. Untuk itu ada 5 sekolah yang menjadi percontohan yakni, SMPN 1 Kaur, SMPN 8 Kaur, SMPN Boarding School, SMPN 36 PKLK dan SDN 1 Kaur.

Pada proses penerapan ini nanti ditiap-tiap sekolah diterapkan membaca Alquran 5 hingga 10 menit sebelum memulai pembelajaran, Ditiap sekolah harus tersedia tempat berwudhu untuk menjaga para siswa tetap selalu suci dan sekaligus memberikan pembelajaran berwudhuk yang baik sesuai syariat Islam, dan dituntut untuk selalu melaksanakan Sholat saat waktu Sholat tiba pada kegiatan belajar mengajar.

" Kita rapatkan dulu untuk penerapan peraturan Bupati tersebut sehingga pada ajaran baru nanti hal ini sudah dilaksanakan, makanya kami undang seluruh kepala sekolah yang menjadi percontohan, Dinas Pendidikan, Kemenag Kaur serta pakar pendidikan lainnya," jelas Agus, Kamis (30/6/2022).

Sementara itu Kepala Sekolah perwakilan sekolah percontohan dari SMPN 1 Kaur Asep Saefudin menyambut baik wacana dari pemerintah daerah ini ,dengan harapan para siswa didiknya nanti bisa menjadi pelajar yang berkarakter baik sehingga mempunyai masa depan yang yang cerah. Implementasi dari Perbup ini menurutnya, juga akan berdampak bagi pendidik dan tenaga pendidik lainnya. Untuk itu pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya terkait penerapan wacana ini pada ajaran baru 2022/2023 nanti.

" Kami sebagai Guru dan Kepala Sekolah sangat mengapresiasi Perbup pembentukan karakter pelajar berseri, karena akan membawa dampak positif bagi siswa dan para guru, dengan harapan para siswa mempunyai masa depan yang gemilang dunia dan akhirat," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar