Ka-Kemenag Kaur : Perbedaan Perayaan Idul Adha Jangan Jadikan Perpecahan

Penentuan idul adha

KBRN, Bintuhan : Perayaan Idul Adha 2022 atau 10 Dzulhijjah 1443 H Pada tahun ini ada perbedaan dalam penetapan awal Zulhijjah.

Ormas Islam Muhammadiyah menetapkan Idul Adha pada 9 Juli 2022, sedangkan Pemerintah melalui sidang Itsbat menetapkan idul Adha 1443 H jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022.

Kepala Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Kaur H. Irawadi  mengimbau kepada seluruh umat muslim khususnya di Kabupaten Kaur untuk tetap memegang teguh Ukhuwah Islamiah, toleransi beragama, dan tetap saling menghormati keyakinan dalam perbedaan Idul Adha, sehingga kekhusyukan ibadah pada bulan Zulhijjah tetap terjaga.

"Setelah pemerintah melakukan sidang isbat, dan hampir di seluruh Indonesia belum terlihat hilal nya maka pemerintah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022". Ujar Irawadi

Irawadi menegaskan Seperti tahun-tahun sebelumnya, perbedaan penetapan Hari Raya  memang kerap terjadi dan bukan menjadi hal baru lagi. Untuk itu terkait perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha 2022, Kementerian Agama menggunakan dua metode, yaitu metode hisab dengan cara perhitungan dan rukyat atau melihat langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar