PMI Kaur dan PMI Bengkulu Gandeng PWI Kaur Gelar Aksi Donor Darah

PMI Kaur dan PMI Bengkulu bersama PWI Kaur menggelar aksi Donor Darah di seputaran lapangan merdeka Bintuhan, dalam rangka HUT ke 19 Kaur dan MTQ ke 35 tingkat Provinsi Bengkulu
Kadis Sosial sedang cek kesehatan untuk aksi Donor Darah

KBRN, Bintuhan : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kaur bersama PMI Bengkulu bekerjasama dengan PWI Kaur melaksanakan kegiatan donor darah dan pengecekan golongan darah gratis.

Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 19 Kabupaten Kaur dan MTQ ke 35 tingkat Provinsi Bengkulu, berlangsung di seputaran Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan.

Kepala PMI Kaur Herlian Muchrim melalui Sekretaris PMI Jailani mengatakan, kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Kaur dan Provinsi Bengkulu. Menurut Jailani permasalahan darah ini menjadi krusial ditengah-tengah masyarakat karena pasien banyak yang tidak bisa diselamatkan akibat kesulitan mencari darah. 

" Kita laksanakan kegiatan ini karena banyak masyarakat yang membutuhkan darah namun persediaannya tidak ada, moment HUT Kaur dan MTQ ini kami laksanakan untuk memenuhi stok darah dan mencari pendonor darah aktif," jelas Jailani, Jumat (27/5/2022)

Ditambahkan Jailani, gerakan donor darah ini banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, selain itu dari sisi agama pun menjadi amalan yakni sedekah darah, sehingga menjadi amal jariah bagi pendonor. Untuk itu pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya pada kegiatan ini, karena setetes darah bisa menyelamatkan jiwa seseorang dan menyehatkan pendonor.

Dikatakan Jailani, stok darah yang didapatkan nanti akan dibagi namun porsinya lebih banyak ke Rumah Sakit Umum Daerah Kaur.

Selanjutnya dijelaskan Jailani, untuk stok darah di PMI saat ini tidak tersedia karena belum ada alat untuk penyimpanan, sehingga setiap darah didapatkan langsung di-drop ke Rumah Sakit. Namun pihak PMI tetap membackup dan membantu untuk memenuhi persediaan darah. 

" Kalau stok tidak ada di PMI karena alat penyimpanan belum ada, tapi kami selalu membackup untuk memenuhi kebutuhan darah, jadi kalau dapat darahnya langsung kami kirim ke Rumah Sakit," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar