8 Regu Cabang Syarhil Quran Bersaing di hari Pertama Pembukaan MTQ

KBRN, Bintuhan : Pelaksanaan lomba cabang Syarhil Quran pada MTQ  tingkat Provinsi ke-35 tahun 2022  di  Kabupaten Kaur, difokuskan di Gedung Serba Guna Pemkab Kaur  pada Selasa, (24/5/2022).

Adapun peserta  cabang Syahril Quran berjumalah 8 regu  terdiri dari 4 peserta putra  dan 4 peserta putri masing-masing regu terdiri dari tiga orang.

Ketua Majlis Dewan Hakim Siun Rohan kepada RRI mengatakan, seperti pada cabang-cabang lainnya ada batasan umur peserta dan untuk cabang Syarhil Quran ini maksimal 18 tahun.

Adapun waktu tampil setiap regu Syarhil Quran ini diberi waktu selama 20 menit per/regu.

“Syarhil Qur’an adalah bidang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan yang serasi,” ungkap Siun.

Adapun materi yang disampaikan dalam musabaqah pada bidang Syarhil ini adalah berbagai topik yang memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an yang terdiri atas aqidah, ibadah, akhlak, kemasyarakatan/ muamalah.

Adapun tata cara penampilan cabang Syarhil Quran ini adalah setiap peserta tampil di panggung secara bersama dalam satu regu, lalu mengucapkan salam disampaikan oleh pensyarah di awal dan diakhir penampilan dengan urutan penyajian adalah pembaca ayat, dan penerjemah.

Sementara itu untuk penilain dewan hakim cabang Syarhil Quran, terdiri dari 3 komponin tilawah, tajwid dan lagu, yang kedua penghayatan dan retorika dan ketiga tentang isi

“Penilaian kita focus pada ketepatan terjemah, sistematika dan isi serta kaidah  gaya bahasa. Kedua, Bidang Penghayatan dan Retorika meliputi Vokal dan Artikulasi, Intonasi dan Aksentuasi dan Keserasian,” jelasnya.

Dewan Hakim berharap kepada  peserta  tampil maksimal karena akan memilih yang terbaik yang akan di utus ke tingkat Nasional nantinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar