Kepesertaan BPJS Kesehatan 96,3 Persen, Kaur Dapatkan Predikat UHC

Launching Universal Health Corverage Kabupaten Kaur, karena sudah mencapai 96,3 Persen kepesertaan BPJS. Kaur merupakan daerah Kedua di Provinsi Bengkulu meraih predikat UHC

KBRN, Bintuhan : Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke 19 Kabupaten Kaur, Pemerintah daerah Melaunching Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan karena telah mencapai kepesertaan JKN lebih dari 95 persen Penduduk, yakni berada di 96,3 persen.

UHC yang didapatkan Pemkab Kaur ini merupakan daerah Kedua setelah Kota Bengkulu.

Penghargaaan ini diberikan bertepatan dengan HUT ke 19 Kabupaten Kaur, langsung kepada Bupati oleh Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu dr. Siti Farida Hanoum, AAK.

dr Siti Farida Hanoum mengatakan, dengan Raihan ini menandakan pemerintah daerah sudah hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan jaminan terhadap pelayanan kesehatan. Dengan UHC yang sudah diatas 95 persen, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak harus menunggu lagi aktivasi kartu selama 14 hari namun langsung aktif. Hanya saja pemerintah daerah melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan mendaftarkan masyarakat kurang mampu tersebut untuk menjadi kepesertaan BPJS kesehatan.

" Ini merupakan prestasi pemerintah daerah, UHC ini memberikan layanan berobat gratis kepada masyarakat yang kurang mampu walaupun belum mempunyai BPJS, hanya saja syaratnya ketika butuh berobat pemerintah melalui dinas terkait mendaftarkan masyarakat tersebut dan hari itu juga kartunya sudah aktif dan bisa digunakan," ujar dr. Siti, Senin (23/5/2022).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur, menyambut baik penghargaan ini, karena kedepan UHC ini akan mempermudahkan masyarakat dalam mendapatkan kartu BPJS sehingga pelayanan kesehatan juga bisa dirasakan oleh masyarakat yang selama ini belum mempunyai kartu BPJS.

Kedepan menurut akan memaksimalkan pelayanan difasilitas-fasilitas kesehatan baik Puskesmas maupun Rumah Sakit, sehingga kepesertaan BPJS kesehatan sudah terlayani dengan baik.

" Kalau selama ini masih ada keluhan dari pengguna BPJS, ini akan kami singkronkan, kebutuhan-kebutuhan dari masing-masing bidang akan disesuaikan, sehingga sama-sama tercukupi," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar