PWK Jabodetabek Bentuk Yayasan Lestari Raflesia Kaur

Puspa langka yang banyak terdapat di Kecamatan Muara Sahung. Demi melestarikan ini, Persatuan Warga Kaur (PWK) Jabodetabek membentuk Yayasan Lestari Raflesia Kaur. Dimana beranggotakan orang-orang yang peduli akan keberadaan Puspa langka ini.

KBRN, Bintuhan : Sebagai upaya pelestarian Bunga Raflesia, Persatuan Warga Kaur (PWK) Jabodetabek membuat yayasan Lestari Raflesia Kaur.

Yayasan ini dibuat untuk menjaga agar habitat Bunga Raflesia terus ada sampai nanti.

Yayasan Lestari Raflesia Kaur ini terbentuk atas usulan petinggi PWK yang peduli dengan puspa langka yang ada di desa Ulak Bandung Muara Sahung serta kawasan lain di Kabupaten Kaur.

Zul Almahera salah satu pelestari Bunga Raflesia di Muara Sahung mengatakan, Yayasan ini di ketuai oleh mantan Wakil Bupati Kaur, Hj. Yulis Suti Sutri, yang konsen dengan keberadaan Puspa langka ini. Dikatakan Zul, yayasan ini untuk langkah pertama adalah ingin menyelamatkan lokasi tumbuhnya bunga Raflesia, agar tidak dialih fungsikan oleh masyarakat menjadi lahan pertanian atau perkebunan. Mudah-mudahan bisa terealisasi, lahan tersebut nantinya diupayakan menjadi milik Yayasan Lestari Raflesia Kaur supaya pelestariannya bisa bertahan.

" Orang-orang yang peduli dengan puspa langka sepakat membuat Yayasan Lestari Raflesia Kaur, dalam yayasan ini orang-orang yang tergabung di PWK Jabodetabek, yang peduli dengan kelestarian habitat Bunga Raflesia," ujar Zul, Senin (16/5/2022).

Lebih lanjut Zul menyatakan, dengan adanya yayasan yang peduli dengan keberadaan puspa langka ini, harapannya titik-titik tumbuhnya bunga Raflesia akan terus ada, dan akses serta infrastruktur penunjang kawasan ini bisa dibangun, untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke kawasan ini, sehingga semakin banyak lagi orang yang peduli akan kelestarian bunga Raflesia.

Habitat Bunga Raflesia yang sering muncul di Muara Sahung ini, terdapat Dua jenis yaitu, jenis Raflesia Arnoldy dan Raflesia Bengkuluensis. Semoga 17 titik lokasi yang sering ditumbuhi oleh bunga Raflesia tidak semakin berkurang dikarenakan sudah beralih fungsi oleh masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar