Dinas DP2KBP3A Kaur Akan Bentuk Sekretariat PPRG

Dinas DP2KBP3A Kabupaten Kaur akan membentuk Sekretariat Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Hal ini menurut PLt.Kadis DP2KBP3A Kaur supaya pembangunan bisa dinikmati bersama

KBRN, Bintuhan : Demi meningkatkan persamaan gender di Kabupaten Kaur, Dinas DP2KBP3A akan membuat sekretariat Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG).

Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender adalah instrumen untuk mengatasi adanya perbedaan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan bagi perempuan dan laki- laki dengan tujuan untuk mewujudkan anggaran yang lebih berkeadilan.

PLt Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Kaur Diraswan mengatakan, apabila pembangunan sudah dinyatakan milik bersama maka hal ini bisa dinikmati oleh semua gender, baik laki-laki ataupun perempuan serta kaum disabilitas, lansia dan juga anak-anak.

" Pembangunan itu harus bisa dinikmati oleh semua orang makanya perlu ada PPRG, dengan begitu ketika ada pembangunan apakah ada fasilitas ini untuk semua gender, bukan laki-laki atau perempuan saja tapi penyandang disabilitas bisa menikmati tidak, anak-anak ada tidak, na ini yang akan kita perjuangkan," tegasnya, Kamis (27/02/2022).

Ditambahkan diraswan Kesetaraan gender, dikenal juga sebagai keadilan gender, adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan identitas gender mereka, yang bersifat kodrati.

Kesetaraan gender yang ia tekankan adalah kesempatan yang sama bagi gender laki-laki dan perempuan dalam hal partisipasi ekonomi, kesetaraan akses pendidikan, kesehatan serta political empowerment. 

Misdirwan berharap semoga rencana ini segera terwujud supaya setiap pembangunan yang ada bisa dinikmati bersama.

" Semua gender itu harus sama-sama. Sama-sama bisa berpartisipasi bidang ekonomi, pendidik, kesehatan, politik, semua harus sama," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar