BPN Kaur Targetkan Program PTSL Tuntas Pada Akhir 2021

KBRN, Bintuhan : Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kaur  Tahun 2021  memprogramkan redistribusi tanah dan PTSL.

Kepala BPN Kaur, Bambang Kusindarto mengatakan kepada RRI, program ini masih menjadi program Nasional dan masih diharapkan oleh masyarakat.

Dijelaskan Bambang, tahun 2021 ini BPN Kaur untuk kegiatan Redistribusi tanah membuat target sertifikat Hak Atas Tanah (HAT) 1.044 bidang, di Lima desa dan Dua Kecamatanyang ada di Kabupaten Kaur.  

Sementara progres redistribusi tanah hingga Desember 2021 ini,  realisasi peta bidang 5.148  bidang, realisasi sertifikat HAT 719 bidang, yang sudah dibagikan kepada pemilik tanah. Dan 325 bidang tanah saat ini masih tahap proses pelaksanaan inventarisasi dan pengukuran.

“ Untuk program redistribusi tanah 2021 sebanyak 5.148 sertifikat untuk Lima desa dan Dua Kecamatan di Kabupaten Kaur,” ungkap Bambang pada Selasa,(7/12/2021).

Selain program Redtribusi tanah BPN Kaur juga memiliki program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap ( PTSL).

Tahun 2021 ini dengan target peta bidang 5.500 bidang, target sertifikat 3.682 bidang. di 28 desa yang tersebar di 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur.

” Progres PTSL hingga hari ini realisasi peta bidang 5.148  dan berkas yang sudah masuk di BPN Kaur sebanyak 3.174 bidang sementara 508 bidang masih tahap proses pemberkasan,” jelasnya.

Ditambahkan Bambang,  PTSL yang populer dengan istilah sertifikat  tanah ini, merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifkat dapat menjadikan  sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar