SMAN 1 Kaur Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Proses ANBK SMAN 1 Kaur
Kepsek SMAN 1 Kaur

KBRN, Bintuhan : Pelaksanaan Asesmen Nasional tingkat SMA tahun 2021 berlangsung selama dua hari, dimulai 27 sampai 28 September 2021.

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.

Evaluasi tersebut menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Nasional (AN) merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN), yang akan diikuti tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah.

Seperti di SMAN 1 Kaur pada pelaksanaannya diikuti 45 siswa dari SMAN 1, 9 dari SMAN Muhammadiyah dan 15 dari SMAN 7 Kaur sebagai sampel, dengan materi Literasi dan Numerasi, di bagi dua sesi dalam 3 ruang ujian.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kaur, Amrizal mengatakan, pada pelaksanaan hari ini cukup berjalan lancer, hanya kendala beberapa kali pemutusan hubungan listrik dari PLN yang sedikit mengganggu pelaksanaan.

"Sudah dimulai hari ini pelaksanaa AN sampai besok, Alhamdulillaah berjalan dengan lancar hanya saja listrik beberapa kali padam, sehingga sedikit menghambat pelaksanaan," papar Kepsek pada Senin, (27/9/2021).

Amrizal menambahkan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, melainkan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Tiga aspek yang diujikan, seperti yang telah disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, yakni, Asesmen Kompetensi Minimum, yaitu mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

Sementara Survei Karakter, mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif.

Dan Survei Lingkungan Belajar, mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran. 

Untuk itu Amrizal berharap, dengan dilaksanakannya asesmen nasional ini, nantinya bisa lebih memajukan lagi pendidikan di Indonesia, dan bisa membawa hasil yang baik bagi masing-masing sekolah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00