192 Berkas Pelamar Pilkades Kaur Diverifikasi

Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan

KBRN, Bintuhan : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur saat ini sedang memverifikasi berkas hasil pendaftaran para bakal calon kepala desa (cakades) yang telah mendaftar ke panitia di desa masing-masing.

Dari 66 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades ada 192 pelamar, dengan rincian 34 orang yang masih berstatus sebagai kepala desa, 14 orang sebagai perangkat desa, 3 orang berstatus ASN, 4 orang anggota BPD dan 137 berasal dari masyarakat.

Plt Kepala Dinas PMD Kaur melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Donny Rasfino mengatakan, tahapan verifikasi ini dilaksanakan hingga tanggal 9 Oktober mendatang. Mengingat pada tanggal 10 Oktober 2021 sudah harus diumumkan calon kepala desa yang akan ikut berkontestasi pada Pilkades Desember mendatang.

"Ada 192 berkas pelamar yang sudah masuk kekami dari panitia desa dan saat ini sudah kami verifikasi. Seandainya masih ada kekurangan, kami akan beritahu kepada panitia pilkades di masing-masing desa untuk dilengkapi," papar Doni pada Sabtu, (25/9/2021).

Doni menambahkan, untuk pelaksanaan Pilkades akan dilangsungkan pada tanggal 9 Desember 2021, berdasarkan SK Bupati Kaur No 188.4.45-656 tahun 2021.

Untuk itu panitia Pilkades sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya demi kelancaran pelaksanaan.

Menurut Doni, terkait anggaran Pilkades yang dibiayai oleh APBD, sudah tidak ada kendala dan tinggal menunggu untuk ditransfer ke masing-masing desa.

Doni berharap, bagi bakal calon yang sudah mendaftar hendaknya segera melengkapi syarat-syaratnya, terutama bagi yang inkumben harus menyertakan surat cuti. Begitu juga dengan anggota BPD harus menyertakan SK pemberhentian dari bupati, dan sampai batas waktu yang telah ditentukan kelangkapan tersebut sudah harus disampaikan.

"Bagi yang belum lengkap segera dilengkapi, yang masih jadi Kepala Desa (Kades) surat cuti harus dilampirkan. Untuk BPD harus ada SK pemberhentian. Uruslah biar langkap dan jangan sampai nanti tidak memenuhi syarat," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00