Dinsos Kaur Rekomendasi Pembuatan BPJS Kesehatan Bagi Warga Miskin

Kadis Dinsos Kaur

KBRN, Bintuhan : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur melayani rekomendasi penerbitan penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (PBI JKN KIS).

Rekomendasi yang dikeluarkan ini bagi masyarakat yang terbilang urgen dan kategori miskin, serta belum masuk pendataan karena sesuatu hal.

“Apabila permohonan yang diajukan sesuai dengan keterangan kepala desa, rekomendasi ini akan diberikan untuk diajukan ke BPJS Kesehatan,” ungkap Kepala Dinsos Kabupaten Kaur, Sidarmin Tetap dalam keterangannya.

Sidarmin mengatakan, ada 3 jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat yakni, jaminan kesehatan nasional, jaminan kesehatan propinsi dan jaminan sosial daerah. Hanya saja dalam proses penerbitan kartu BPJS Kesehatannya tergantung kuota yang ada, sehingga setiap data yang diusulkan menanti masa tunggu sesuai kuota dan tingkat taraf ekonomi masyarakat.

"Kalau memang urgen, mungkin lagi dirawat rumah sakit sementara BPJS tidak ada, lalu ada keterangan dari kepala desa bahwasanya ini benar-benar butuh, bisa kita rekomendasi kan ke BPJS," jelasnya pada Senin, (22/9/2021).

Selain itu menurut Sidarmin, untuk mengatasi hal-hal urgen berkenaan dengan BPJS, pihaknya melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) bergerak mengusulkan proposal bagi masyarakat miskin yang sedang dirawat, untuk memenuhi biaya yang dibutuhkan, sembari menunggu BPJS hasil dari rekomendasi tersebut yang belum bisa aktif.

Mengingat harus menunggu selama 2 minggu, sehingga anggota TRC yang nantinya berusaha memenuhi kekurangan biaya tersebut.

"Aktif BPJS hasil rekomendasikan harus 2 minggu baru aktif, sementara masyarakatnya kebingungan untuk biaya rumah sakit, biasanya tim reaksi cepat ini bergerak untuk pengajuan proposal, ke BAZNAS dan yang lain- lain," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00