Dinkes Kaur Gandeng BPOM Bina Industri Kuliner Rumah Tangga

Kadis Kesehatan Kaur

KBRN, Bintuhan : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggandeng Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Propinsi Bengkulu, untuk membina pelaku usaha kecil dan industri rumah tangga, agar produk yang dihasilkan semakin aman dan sehat dikonsumsi, melalui program Industri Rumah Tangga ( IRT).

Kepala Dinkes Kabupaten Kaur, Azwar mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memajukan industri rumah tangga dibidang kuliner.

"Bagi masyarakat yang mempunyai kerajinan tangan khususnya kuliner, nanti akan diawasi dan didata, seandainya sudah memenuhi standar kelayakan mereka akan mengikuti pelatihan dan diberikan sertifikat," jelas Azwar kepada RRI disela-sela membuka kegiatan dilantai 3 Pemda Kaur pada Rabu, (22/9/2021).

Selanjutnya menurut Azwar, kedepan industri-industri rumah tangga ini, nanti setelah mendapatkan sertifikat mereka bisa memasarkan produknya di gerai-gerai kuliner hingga ke minimarket.

Terlebih juga apabila olahan rumah tangga ini sudah mendapat sertifikat, akan lebih menambah kepercayaan pembeli bahwa produk yang dihasilkan higienis dan enak dan layak untuk dikonsumsi, sehingga akan membantu perekonomian keluarga lebih baik apalagi ditengah-tengah pandemi ini.

Ditambahkan Azwar, saat ini banyak pelaku usaha kecil di daerah yang memproduksi berbagai bahan makanan dan minuman, baik yang bisa dikonsumsi langsung maupun yang berupa bahan dasar. 

Lanjut Azwar, dalam pengelolaan bahan pangan dan minuman tidak boleh sembarangan, agar tidak membahayakan kesehatan konsumen, sehingga dibutuhkan peran pemerintah dalam melakukan pendampingan dan pembinaan.

"Setelah pertemuan ini, kami berharap adanya kegiatan nyata dari BPOM untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan di Kabupaten Kaur sehingga warga aman, nyaman dan sehat saat mengonsumsi bahan pangan tersebut," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00