Antisipasi Pohon Tumbang DLH Kota Bengkulu Lakukan Pemangkasan

KBRN Bengkulu: Cuaca ekstrim, hujan disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini menimbulkan kekhawatiran masyarakat untuk melintasi jalan-jalan Kota Bengkulu.

Hal itu dikarenakan banyaknya pepohonan di sisi kiri kanan jalan, yang rawan tumbang maupun patah dahan. Apalagi beberapa hari lalu, di sekitaran kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu, satu unit kendaraan roda dua yang sedang terparkir tertimpa pohon tumbang.

“Memang di beberapa ruas jalan Kota Bengkulu banyak pohon yang sudah tua, seperti di kawasan Kampung, Pintu Batu sampai Jalan S. Parman, Jalan Basuki Rahmat serta di kawasan Pantai Panjang. Jadi masyarakat perlu untuk waspada,” ujar PLT. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Rusman Effendi ketika dihubungi RRI, Senin (1/3).

Dengan kondisi cuaca ekstrim akhir-akhir ini, masyarakat diharapkan waspada ketika melintas di kawasan RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang ada karena bisa saja dahan yang sudah lapuk jatuh atau justru akibat angin kencang pohon yang akarnya sudah terangkat bisa tumbang.

“Saat hujan badai atau angin kencang, sebaiknya masyarakat menghindari beraktivitas di luar rumah. Atau menghindari kawasan dengan pepohonan tinggi,” tambah Rusman Effendi.  

Kendati demikian  menurut Rusman Effendi, pihak dinas juga tidak tinggal diam dengan banyaknya kondisi pohon tua dan pepohonan lainnya yang ada di jalur hijau maupun median jalan di Kota Bengkulu.

Pihaknya secara rutin terus melakukan perawatan dengan mengurangi beban pohon, serta melakukan perlakuan lainnya untuk mengantisipasi pohon tumbang ketika cuaca ekstrim musim badai seperti belakangan ini. Penyisiran di lokasi-lokasi rawan pohon tumbang seperti Pantai Panjang pun intens dilakukan untuk melakukan pemangkasan agar tidak membahayakan masyarakat yang melintas.  

Diakui Rusman Effendi, usia pepohonan di jalur RTH Kota Bengkulu sudah cukup tua, bahkan ada yang berusia lebih 50 tahun .

“Sejauh ini kami sudah melakukan pemangkasan dahan untuk mengurangi beban pohon dan menerima permintaan pihak perbankan maupun perkantoran lainnya untuk melakukan pengurangan dahan pohon,” ungkapnya sembari menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan hanya sebatas mengurangi beban pohon tapi tidak melakukan penebangan terhadap pohon hidup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00