Positif Bertambah Banyak, Ada Klaster Baru di Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Dari update Posko Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid 19 Provinsi Bengkulu pada Minggu (2/8/2020), jumlah kasus konfirmasi positif bertambah cukup siknifikan, yakni, sebanyak 18 kasus.

Hal itu diperkuat dari hasil swab pemeriksaan laboratorium yang keluar sebanyak 67 sampel, dengan rincian sebanyak 18 positif baru, 2 positif kasus lama (evaluasi) dan 47 negatif.

“Penambahan sebanyak 18 kasus positif baru itu, total jumlahnya menjadi 235 kasus,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, dalam keterangannya kepada wartawan.

Herwan menyebutkan, memang di luar dugaan penambahan jumlah kasus positif baru di Bengkulu, dari 18 kasus positif baru tersebut, rinciannya sebanyak 9 laki-laki dan 9 perempuan, dengan rata-rata umur antara 29 sampai 73 tahun.

Sedangkan asalnya, sebanyak 12 kasus alamat di Kota Bengkulu, 4 kasus di Kabupaten Seluma, 1 kasus di Kabupaten Bengkulu Utara dan 1 kasus di Kabupaten Kepahiang.

“Sebanyak 18 kasus baru tersebut, merupakan pengembangan kontak tracing dari kasus sebelumnya, yakni kasus 196 sebanyak 1 orang, 209 sebanyak 1 orang, 210 sebanyak 4 orang, 212 sebanyak 1 orang, dan 213 sebanyak 2 orang, 217 sebanyak 7 orang dan 2 orang tidak dari kontak tracing,” ujarnya.

Selain itu Herwan menjelaskan, dari 18 kasus konfirmasi positif itu, ada klaster baru yakni, salah satu Bank di Bengkulu, dan juga ada mantan Walikota Bengkulu yang sekarang menjabat Anggota DPD RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu, serta kembali ada klaster tenaga kesehatan.

“Kita akan terus melakukan kontak tracing dengan mengambil swab kepada siapa saja yang pernah kontak dengan pasien kasus positif, khususnya dari penambahan sebanyak 18 kasus baru ini,” terangnya.

Lebih lanjut Herwan menyebutkan, dari 18 kasus baru positif  itu, meski sebagian ada keluhannya, namun hampir keseluruhannya saat ini melakukan isolasi mandiri, sehingga pihaknya harus menangangi secara khusus sesuai pedoman baru.

“Dengan melakukan isolasi mandiri, kita sama-sama mendoakan agar mereka (pasien positif,red) bisa cepat sembuh,” harapnya.

Disamping itu dari laporan Tim Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Bengkulu tercatat, ada penambahan sebanyak 3 orang yang hasil rapid test nya reaktif, ditambah sebanyak 3 sampel swab masih dalam proses pemeriksaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00