5.905 Ternak di Bengkulu Telah Divaksin PMK

Kabid Nakeswan Provinsi Bengkulu Indah Permatasari

KBRN, Bengkulu : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu mencatat penyuntikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak sehat di wilayah ini per Kamis 6 Juli 2022 sebanyak 5.905 dosis. 

Kepala Bidang Nakeswan Provinsi Bengkulu, Indah Permatasari mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan beberapa hari sebelumnya yang tercatat 2.662 dosis.

"Sampai saat ini angka vaksin sudah lebih dari 55 persen. Meski begitu percepatan vaksinasi terus kami lakukan. Tenaga kesehatan hewan yang ada di daerah bekerja maksimal," kata Indah, Kamis (7/7/2022).

Pihaknya memperkirakan dosis vaksin tersebut akan habis dalam beberapa hari kedepan. Meski begitu, pihaknya belum mendapatkan kepastian tambahan dosis vaksin oleh Kementerian Pertanian.

Indah menyebutkan, Pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini terus berupaya semaksimal mungkin mengendalikan wabah PMK di daerah. 

Vaksin PMK didistribusikan secara bertahap dengan target yang pertama adalah ternak aset dan ternak dengan nilai ekonomi tinggi seperti anak sapi dan sapi bibit.

"Untuk ternak yang sakit difokuskan untuk melewati pengobatan hingga sembuh," ungkapnya. 

Adapun wilayah sebaran penyuntikan vaksin di daerah yakni Kabupaten Kepahiang 444 dosis, Bengkulu Utara 982 dosis, Rejang Lebong 400 dosis, Seluma 775 dosis, Bengkulu Selatan 880 dosis, Mukomuko 1000 dosis, Bengkulu Tengah 771 dosis, Kaur 453 dosis. 

"Ada beberapa daerah yang kelebihan vaksin dan telah dikembalikan ke Disnakeswan. Sementara untuk hari ini 400 dosis yang sisa akan kami salurkan ke Kota Bengkulu," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar