FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Pemerintah Segera Bentuk Satgas PMK

Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu M Syarkawi

KBRN, Bengkulu : Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), menyikapi banyaknya jumlah kasus penyebaran PMK di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi mengungkap menyusul rencana tersebut, pemerintah daerah masih menunggu regulasi pembentukan Satgas PMK di kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

"Hari ini kita mengikuti zoom meeting yang dipimpin Kepala BNPB. Memang ada rencana mulai dari pusat akan dibentuk Satgas PMK, nanti diikuti masing-masing daerah," kata Syarkawi melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/6/2022).

Syarkawi mengatakan Satgas Penanganan PMK nantinya ditugaskan untuk menangani wabah ini secepatnya mulai dari pemeriksaan, penelusuran, vaksinasi hingga pengawasan lalu lintas hewan ternak antar provinsi.

Mengenai pembentukan dan penunjukan Satgas PMK di daerah, Syarkawi menyebut tengah menunggu arahan pusat. 

"Kita menunggu Satgas Pusat dulu, ya," sampainya.

Pemerintah mengajak seluruh pihak terkait untuk bersinergi agar penyakit ini segera dapat ditangani dengan baik.

Sementara itu, adapun penyebaran PMK di Provinsi Bengkulu hingga Jumat ini telah mencapai 447 ekor dengan kesembuhan sebanyak 70 ekor.

"Sampai hari ini, berdasarkan laporan informasi kesehatan hewan Indonesia ISIKHNAS, yang sakit mencapai 447 ekor, mati 2 ekor, sembuh 70 ekor," sampai Syarkawi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar