PMI Provinsi Bengkulu Komit Tingkatkan Kualitas SDM Relawan

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu terus berkomitmen meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para relawan, sebagai ujung tombak dalam menjalankan program kerja organisasi di tengah-tengah masyarakat.

Terlebih keberadaan relawan PMI tersebut sebuah pengabdian dan tanpa pamrih, terutama membantu masyarakat tidak saja kegiatan kemanusiaan dalam pemenuhan kebutuhan darah, tetapi juga kebencanaan, baik bencana alam mapun non alam. Seperti, wabah pandemi Covid 19 yang melanda 2 tahun terakhir ini, dengan menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Covid 19 maupun vaksinasi.

Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Dewan Kehormatan PMI Provinsi Bengkulu Darmawan Yakub dalam Dialog Lintas Bengkulu pada Jumat, (27/5/2022) pagi, dengan tema “Relawan Garda Terdepan PMI, Terus Tebar Kebaikan,” yang digelar RRI Pro Satu Bengkulu.

“Peningkatan SDM berupa pelatihan maupun penataran kepada relawan merupakan agenda rutin. Apalagi dengan keberadaan gedung PMI Provinsi yang baru, pelaksanaan kegiatan tersebut akan lebih ditingkatkan lagi. Mengingat hal tersebut sangat penting, agar dalam menjalankan tugasnya di lapangan, para relawan tidak justru bertanya lagi, tetapi langsung bergerak aktif sesuai keilmuan yang ditekuni dilapangan,” katanya.

Senada dengan itu, Kepala Divisi Relawan PMI Provinsi Bengkulu Fahrurrozi menyampaikan, sejalan motto para relawan berguna bagi orang banyak, akan terus berkomitmen mendukung program pemerintah, terutama berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hanya saja seiring waktu ditambah Covid 19 melanda, keberadaan para relawan yang ada terus mengalami pengurangan, karena memilih aktifitas lainnya dan terdata saat ini tinggal lagi sekitar 2.300 orang yang tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota.

“Diminta, meski dari jumlah sudah memadai, namun dengan potensi kebencanaan dan kegiatan kemanusiaan yang tidak dapat diprediksi terjadi, agar jumlah para relawan ditambah dengan merekrut dari perguruan tinggi, karang taruna, risma maupun masyarakat umum,” pintanya.

Kendati demikian ia juga mengajak para relawan untuk tidak mengeluh, karena pengadian yang diberikan tanpa batas dan dilaksanakan setulus-tulusnya.

“Tetap lah menjadi relawan yang baik dan berguna bagi orang lain, serta selalu menjaga kekompakan. Termasuk mari bersama-sama mendukung program pemerintah dengan sebaik-baiknya,” demikian Fahrurrozi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar