PMI Provinsi Bengkulu Susun Renkon Banjir

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu menyusun rencana kontinjensi (renkon) banjir tingkat Provinsi Bengkulu.

Renkon Banjir yang berlangsung pada Selasa, (30/11/2021), bertempat di Sekretariat PMI Provinsi Bengkulu, dengan diikuti tidak saja pengurus dan relawan tingkat provinsi, juga perwakilan kabupaten dan kota.

Ketua PMI Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat mengatakan, melihat penomena Bencana akhir-akhir ini yang semakin meluas, serta berdampak pada kehidupan dan penghidupan masyarakat didaerah rawan bencana.

Dengan itu sudah selayaknya pihaknya sebagai organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan, lebih meningkatkan mutu dan jumlah layanan yang lebih banyak, sehingga pelayanan kepada masyarakat rentan lebih optimal.

Terlebih diakui, pelayanan kebencanaan beberapa tahun terakhir terasa sedikit menurun, baik itu pengerahan sumber daya manusia maupun alat.

"Banyak hal yang menjadi tantangan dan kesenjangan kita, apakah itu dari pengurus, staf, relawan, jejaring, masyarakat ataupun karena kesenjangan sumber daya alat dan materiel serta  koordinasi, komunikasi internal kita sendiri yang masih terasa kurang, dan ini menjadikan beberapa pelayanan Pengurus Besar PMI kurang optimal, sehingga akurasi  pelayanan dan data manfaat tidak terekam secara baik. Berdasarkan hal tersebutlah, maka melalui penyusunan rencana kontinensi banjir hari ini secara bersama-sama kita mengevaluasi, menetapkan beberapa hal aturan main yang menjadi tantangan tersebut, sehingga kedepan  tidak lagi menjadi masalah dan kegiatan PB  dapat kita laksanakan secara baik dan bermanfaat bagi PMI sendiri serta masyarakat secara luas," jelas Asnawi ketika membuka renkon.

Lebih lanjut Asnawi berharap kepada semua peserta, agar dapat mengikuti penyusunan rencana kontinjensi secara aktif, sehingga apabila terjadi bencana banjir nantinya dapat melaksanakan seluruh upaya penanganan, baik yang terjadi di dalam Provinsi Bengkulu maupun di luar Provinsi Bengkulu.

1"Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa membimbing pengabdian dan komitmen kita untuk kemanusiaan dan menjadikan ladang kebajikan bagi kita semua," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar