BMKG : Berpotensi Hujan Lebat, Masyarakat Diimbau Waspada

KBRN, Bengkulu : Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memberikan peringatan dini, terkait potensi hujan lebat tinggi yang berpeluang terjadi di Bengkulu hingga 3 hari kedepan.

Dalam peringatan itu, BMKG menyebut potensi hujan lebat yang dapat memicu potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang selama tiga hari kedepan yakni 22 sampai 24 September di sejumlah wilayah Bengkulu.

"Sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang berdurasi singkat," ungkap Kepala BMKG Bengkulu melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar, dalam rilisnya.

Anang menjelaskan, potensi hujan itu adanya Osilasi Madden-Julian (OMJ) yang berpengaruh pada curah hujan di wilayah Indonesia. Dimana gelombang ekuator kelvin yang terpantau aktif di wilayah Sumatera, pertemuan angin (konvergensi) dan belokan angin di wilayah Bengkulu, labilitas udara lokal yang kuat.

Kemudian kelembapan udara atmosfer yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas di wilayah Bengkulu, dapat mendukung terjadinya pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu.

“Potensi dampak hujan lebat tersebut, diperkirakan dapat terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Bengkulu, yakni, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Seluma dan Kabupaten Kaur,” ujarnya pada Rabu, (22/9/2021).

Lebih lanjut diimbau juga kepada masyarakat di pesisir pantai, untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi di Perairan Bengkulu, Perairan Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00